3 Cara Membuat Pakan Lele Murah dan Mudah

3 Cara Membuat Pakan Lele Murah dan Mudah
Pakan merupakan komponen yang paling penting di dalam usaha budidaya ikan termasuk juga dengan ikan lele. Akan tetapi lebih dari dua per tiga biaya peternakan ikan lele dihabiskan hanya untuk membeli pakan saja. Kini harga pakan lele di pasaran tidaklah murah dan sering menjadi keluhan para peternak ikan lele. 

Harga ini dipicu karena sebagian besar bahan baku pakan diimpor. Cara membuat pakan lele bisa menurunkan biaya yang biasa peternak keluarkan untuk pakan secara signifikan. Dengan demikian hasil yang didapat juga lebih maksimal karena sudah bisa memangkas biaya pengeluaran di dalam sektor pembelian pakan ikan.

Mengatasi Harga Pakan Tinggi

Untuk mengatasi harga pelet pabrik yang semakin meningkat alangkah baiknya anda harus mengetahui cara membuat pakan lele alternatif. Pada umumnya pakan lele alternatif menggunakan bahan-bahan utama bahkan ada juga yang memanfaatkan bahan sisa-sisa pabrik. 

Biasanya bahan utama mengandung segala jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan lele. Sementara itu, pakan tambahan bisa anda dapatkan dari bahan organik yang harganya murah serta stok yang melimpah.

Alternatif Pakan Lele

alternatif, ada hal yang perlu anda ketahui dalam penyediaan pakan untuk ikan lele. Bahan yang dijadikan pakan utama lele harus mengandung nutrisi yang lengkap baik protein, vitamin, karbohidrat dan mineral. Karena ikan lele merupakan ikan jenis karnivora yang membutuhan protein yang tinggi yaitu lebih dari 35% berat pakan yang dikonsumsinya. Lemak selain sebagai sumber energi bagi ikan lele, kandungan ini juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan daya apung ikan.

Sementara itu karbohidrat yang digunakan dari senyawa serat kasar dengan kandungan bahan yang bebas dari nitrogen. Hal ini berfungsi sebagai sumber energi dan asupan nutrisi untuk ikan lele. Bahan jenis ini juga bisa menjadi perekat yang digunakan dalam cara membuat pakan lele. 

Kandungan lain adalah vitamin, meskipun ikan lele membutuhkannya dalam jumlah kecil akan tetapi peranannya sangat vital. Fungsinya adalah untuk menjaga kondisi ikan lele dan daya tahan tubuh ikan tersebut. Kebutuhan vitamin pada ikan akan semakin berkurang seiring dengan pertumbuhan ikan tersebut.

Cara Membuat Pakan Lele Murah

Ada beberapa cara membuat pakan lele tambahan yang diberikan para petani untuk menekan membengkaknya pengeluaran pembelian pakan ikan, diantaranya:
  1. Limbah peternakan unggas, karena ikan lele merupakan jenis ikan lele manfaatkanlah peternakan unggas di sekitar rumah yang biasanya memiliki unggas mati dalam jumlah kontinyu. Limbah tersebut bisa digunakan untuk pakan ikan lele pada kolam.
  2. Belatung, binatang jenis ini merupakan sumber protein yang sangat baik untuk ikan lele. Untuk membuat pakan ini cukup menggunakan ember yang diisi dengan ampas tahu kemudian beri tambahan air dan aduk sampai rata. Tambahkan juga kotoran ayam dan sisa ikan asin kemudian tutup menggunakan daun pisang kering.
  3. Keong mas, anda bisa memanfaatkan daging dari keong yang di gunakan juga sebagain protein yang ikan lele butuhkan. Tidak sulit menemukan keong mas karena keong mas merupakan hama dari padi, dengan begitu anda bisa membantu menghilangkan hama sekaligus memanfaatkannya.
alternatif sebagai pengganti pelet bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai bahan. Biasanya bisa menggunakan tepung ikan yang mengandung protein tinggi dan gizi yang dibutuhkan ikan lele. Namun karena harganya mahal anda bisa menggunakan bahan lain yang lebih murah tanpa mengurangi kandungan yang ada di dalamnya. Tepung kedelai, Bungkil kelapa dan dedak halus adalah sebagian bahan yang relatif murah untuk membuat pakan ikan.

Baca juga

Posting Komentar