Aneka Peluang Usaha Ternak Yang Mudah Dikembangkan

Ternak yang Mudah di Kembangkan
Dengan semakin pesatnya pertumbuhan dari tahun ke tahun membuat kebutuhan daging di Indonesia pun semakin meningkan. Aneka peluang usaha ternak bisa menjadi prospek yang bisa menghasilkan keuntungan sangat besar bagi anda yang bosan menjadi seorang karyawan. 

Terutama kebutuhan daging pada saat hari-hari besar keagamaan yang membuat kebutuhan daging bagi masyarakat semakin tajam. Usaha pemerintah untuk menyuplai dan menangani masalah ini adalah dengan mengimpor daging dari luar negeri. Sangat disayangkan karena ini memberikan dampak naiknya harga daging secara berkali lipat. Mengapa tidak peluang ini dimanfaatkan oleh anda untuk memulai usaha ternak sejak dini.

Ternak yang Mudah di Kembangkan

Aneka peluang usaha ternak memang beragam dan sangat banyak kita jumpai di sekitar kita. Salah satunya adalah usaha pembibitan dan tempat pemotongan sapi. Kebutuhan daging di Indonesia sebagian besar adalah hasil impor dari pemerintah. Tercatat pada tahun 2019 kebutuhan daging sapi di Indonesia mencapai 2,1 juta ekor dan 700 ekor sapi dari jumlah tersebut adalah hasil impor dari luar negeri. 

Jika anda jeli dalam melihat peluang usaha, peternakan bisa menjadi sumber uang yang bisa anda dapatkan secara kontinyu artinya usaha ini akan terus berkembang dari tahun ke tahun.
yang bisa anda coba mungkin peluang usaha penggemukan sapi potong yang paling menarik. Karena usaha jenis ini memiliki beberapa keuntungan yang bisa di peroleh oleh peternak. Perputaran modal yang relatif singkat karena yang anda lakukan hanya menggemukan sapi.

Waktu pemeliharaan yang anda butuhkan hanya sekitar 4 sampai 6 bulan, namun hal ini juga dipengaruhi dari usia sapi dan kebutuhan dari pihak konsumen. Keuntungan yang bisa anda peroleh dari usaha ini bisa mencapai 1 sampai 1,5 juta setiap ekornya.

Sebenarnya ada berbagai aneka peluang usaha ternak secara singkat yang bisa anda lakukan selain usaha ternak sapi atau menggemukkan sapi, diantaranya :
  1. Usaha Ternak Kambing, hal ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin memulai usaha tapi dengan modal menengah. Karena dampak dari melonjaknya harga daging sapi menyebabkan sebagian masyarakat beralih mengkonsumsi daging kambing.
  2. Usaha Ternak Ayam, Peternakan ayam sejatinya sejak dulu sudah memeliki peranan sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Karena harganya yang terjangkau menjadi incaran setiap masyarakat untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.
  3. Usaha ternak Kelinci, sebagian orang tidak terlalu melihat usaha ternak kelinci sebagai peluang usaha yang memiliki porpek keuntungan besar. Ditambah lagi kegemaran masyarakat untuk mengoleksi kelinci hias semakin meningkat dari tahun ke tahun.
Aneka peluang usaha ternak yang banyak ditawarkan sering sekali jarang dimanfaatkan oleh sebagian orang. Sangat disayangkan karena pola usaha peternakan di kalangan masyarakat yang tergolong belum banyak yang serius. 
Kebanyakan dari mereka melakukan kegiatan ini hanya sebagai sambilan saja. Padahal jika jeli melihat prospek keuntungan yang dihasilkan tentu saja mereka mungkin berfikiran lain. Pengerjaan secara serius bisa menambah penyerapan tenaga kerja dan tentu saja mendapatkan keuntungan yang besar.

Mulailah untuk memikirkan peluang usaha dalam bidang ternak yang satu ini. Aneka peluang usaha ternak yang ada disekitar kita tidak sulit untuk dimulai. Jika kita lihat terkadang para petani di desa juga melakukan hal ini namun dengan konsep yang berbeda. 

Rata-rata dari mereka memiliki hewan ternak hanya untuk di konsumsi pribadi. Pakan yang diberikan juga sekedar dedak atau sisa tumbuhan pada perkebunan mereka. Padahal jika mereka melakukan secara serius pertembuhan perekonomian di desa bisa meningkat pesat karena jarang sekali hal ini di lakukan di perkotaan.

Baca juga

Posting Komentar