Cara Budidaya Ikan Mas Mujair Yang Baik dan Benar

Budidaya Ikan Mujair
Ikan mujair merupakan sejenis ikan konsumsi yang hidup di air tawar. Ikan ini memiliki ciri-ciri badan berbentuk pipih hitam, coklat atau abu-abu. Pada tahun 1939 seseorang yang bernama mujair adalah orang yang pertama menemukan ikan ini di Blitar Jawa Timur. Sebenarnya ikan ini aslinya berasal dari perairan Afrika. 

Cara Budidaya Ikan Mujair

Pada saat ini sudah banyak orang yang mencoba membudidayakan ikan ini. Berbagai cara budidaya mas ikan mujair mereka lakukan untuk menghasilkan kualitas ikan mujair yang baik. Ditambah lagi pertumbuhan ikan ini sangat cepat sehingga banyak yang berminat untuk membudayakan ikan ini. Akan tetapi, setelah dewasa pertumbuhannya berkurang karena pada umumnya dapat memiliki panjang 40 cm.

Bagi anda yang ingin mencoba budidaya ikan dengan minim modal, budidaya ikan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan kolam terpal. Tapi, jika anda ingin menggunakan kolam tanah cara budidaya ikan mas mujair ini harus memperhatikan faktor lokasi. Lokasi yang bagus untuk menjadi kolam ikan diantaranya:
  1. Tanah liat dan tidak berporos merupakan jenis tanah yang bagus untuk menampung air yang besar dan tidak mudah bocor.
  2. Membuat kolam dengan kemiringan 3-5% agar memudahkan pengairan kolam.
  3. Pilih lokasi kolam dengan ketinggian 150-1000 m dpl agar ikan mujair tumbuh normal.
  4. Perhatikan air yang digunakan untuk mengisi kolam.
  5. Buatlah saluran keluar masuk air karena ikan jenis ini perkembanganya sangat baik pada kolam yang airnya terus mengalir.
  6. Usahakan kolam memiliki suhu air antara20-25 derajat C.
Setelah menentukan lokasi yang pas untuk budidaya ikan mujair. Selanjutnya, cara budidaya ikan mas mujair, yang harus kita siapkan adalah pemeliharaanya. 
Persiapan media dimulai dengan mengeringkan kolam selama beberapa hari dan lakukan pengapuran untuk menghilangkan hama. Kemudian, lakukan pemupukan juga pada kolam budidaya ikan mujair karena bukan hanya tanaman yang bisa dipupuk. Hal ini difungsikan untuk merangsang pertumbuhan pakan alami ikan mujair sebanyak-banyaknya.

Apabila tingkat produktivitas kesuburan kolam sudah berkurang ada juga cara budidaya ikan mas mujair yang dilakukan untuk memberi tambahan nutrisi pada ikan mujair. Anda bisa menggunakan komposisi makanan berupa tepung ikang 25%, dedak halus 65% dan tepung kopra sebesar 10%. 

Disamping itu juga anda harus memperhatikan kondisi pakan yang sesuai dengan dosis kebutuhan kolam ikan mujair milik anda. Selain pakan dari media dasar ikan mujair anda juga perlu tambahan makanan berupa hancuran remah atau pelet dengan dosis 10% dari populasi ikan per harinya.

Kendala Saat Budidaya Ikan Muajir

Tentu saja tidak mudah untuk melakukan cara budidaya ikan mas mujair dengan lancar. Sering sekali para peternak mendapat kendala dari hama, beberapa jenis diantaranya:
  1. Ucrit berbahaya karena sering menjepit ikan dengan taringnya.
  2. Kodok berbahaya karena sering memakan telur ikan.
  3. Ular berbahaya karena sering menyeran benih ikan mujair.
  4. Lingsang bebahaya karena sering memburu ikan pada malam hari.
  5. Burung berbahaya karena sering tertarik pada benih ikan yang berwarna menyala.
  6. Bebeasan berbahaya karena sering menyengat benih ikan nila.
Selain itu ada hal lain yang perlu diperhatikan peternak ketika melakukan cara budidaya ikan mas mujair terutama pada penyakit yang sering dialami ikan. Alangkah baiknya untuk mengeringkan kolam secara teratur ketika selesai masa panen. 
Jangan juga terlalu berlebihan menempatkan ikan pada sebuah kolam agar perkembanganya bisa stabil. Hati-hati juga ketika melakukan pemindahan benih dan penanganan ketika panen harus dilakukan secara benar agar tidak ada benih yang mati.

Baca juga

Posting Komentar