Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akibat Hukum Bagi Kepala Desa Berpolitik Simpel

download image
Akibat Hukum Bagi Kepala Desa Berpolitik Praktis Akibat Hukum Bagi Kepala Desa Berpolitik Praktis

Larangan berpolitik bagi Mudah bagi Kepala Desa (Kades) terperinci dikontrol secara lengkap beserta sanksi hukumnya. Berikut ini dasar aturan larangan Kepala Desa berpolitik simpel:

Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 273/3772/JS tertanggal 11 Oktober 2016 selaku penegasan Pasal 70 Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2015 perihal Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 wacana Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Menjadi Undang-Undang (UU).

Dalam Pasal 71 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 2016 dijelaskan bahwa, “Pejabat negara, pejabat kawasan, pejabat aparatur negara, anggota Tentara Nasional Indonesia/Polisi Republik Indonesia dan Kepala Desa atau dengan istilah lain ialah lurah tidak boleh menciptakan keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasang calon Kepala Daerah atau calon Legislatif yang diusung oleh sebuah partai maupun non partai”. Apabila seorang Kepala Desa (Kades) melakukan politik simpel juga akan dikenai pidana, seperti yang telah diatur dalam Pasal 188 Undang-Undang (UU) Pilkada. Pada Pasal 71 disebut pidana paling singkat satu bulan atau paling usang enam bulan dan denda palling sedikit enam ratus ribu rupiah dan paling banyak Rp. 6 juta.

Selain diterangkan dalam Undang-Undang (UU) Pilkada Larangan berpolitik praktis bagi Kepala Desa (Kades) juga di atur dengan rinci dalam Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 perihal Desa. Dalam Undang-Undang (UU) ini disebutkan bahwa, Kades dihentikan membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri, anggota keluarga, pihak lain atau kelompok tertentu. Undang-Undang (UU) juga dihentikan menjadi pengelola Partai Politik (Parpol) dan berpartisipasi dan atau terlibat kampanye Pemilu atau Pilkada.

Demikianlah klarifikasi ihwal Akibat Hukum Bagi Kepala Desa Berpolitik Mudah. Semoga goresan pena singkat ini bermanfaat. Salam Juraganberdesa
download image