Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Sajakah Fungsi Tubuh Permusyawaratan Desa (Bpd)

Apa Sajakah Fungsi Badan Permusyawaratan Desa  Apa Sajakah Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

Fungsi merupakan tranformasi balasan pemetaan sebuah nilai ke nilai lain. Badan Permusyaratan Desa (BPD) merupakan salah satu bagian dalam pemerintahan desa yang dibutuhkan mampu membantu terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan desa yang demokratis sesuai dengan aspirasi masyarakat sebagaimna yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 disebutkan bahwa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ialah sebuah lembaga yang berkedudukan sebagai bagian penyelenggara pemerintahan desa. Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan menurut keterwakilan daerah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. Anggota Badan Permusyaratan Desa ( BPD) terdiri dari ketua rukun warga, pemangku budbahasa, golongan profesi, pemukaagama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya.

Masa jabatan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah 6 (enam) tahun dan dapat diangkat/direkomendasikan kembali untuk 1 (satu) kali era jabatan selanjutnya. Jumlah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ditetapkan dengan jumlah ganjil, paling sedikit 5 (lima) orang dan paling banyak 11 (sebelas) orang, dengan mengamati luas daerah, jumlah penduduk, dan kesanggupan keuangan desa. 

Peresmian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ditetapkan dengan keputusan Bupati/Walikota dihadapan masyarakat dan dipandu oleh Pimpinan BPD yang terdri dari 1 (satu) orang ketua, 1 (satu) orang wakil ketua, dan 1 (satu) orang sekretaris. 

Pimpinan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dipilih dari dan oleh anggota Badan Permusyaratan Desa (BPD) secara pribadi dalam rapat Badan Permusyaratan Desa (BPD) yang diadakan secara khusus, Rapat penyeleksian pimpinan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk pertama kali dipimpin oleh anggota tertua dan dibantu oleh anggota termuda. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berfungsi Sebagai berikut:
  1. memutuskan peraturan desa bersama kepala desa, 
  2. menampung dan menyalurkan aspirasi penduduk .
Untuk lebih terang perihal Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) silahkan pelajari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD). UNDUH DISINI
download image