Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arah Kebijakan Penggunaan Budget Transfer Ke Daerah Dan Dana Desa (Tkdd) Tahun 2021

download image
Arah Kebijakan Penggunaan Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa  Arah Kebijakan Penggunaan Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2021

Besaran anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Pada tahun 2021, direncanakan sebesar Rp796,3 triliun.

Hal ini sebagaimana dikutip dari isi Pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU perihal APBN Tahun 2021 berserta Nota Keuangannya, bertempat di Komplek Parlemen Senayan, Jumat 14 Agustus 2020. 

Arah Kebijakan Penggunaan Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa  Arah Kebijakan Penggunaan Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2021
Adapun Arah Kebijakan Anggaran TKDD yang mau dilakukan oleh Pemerintah pada tahun 2021 adalah selaku berikut:
  1. menunjang langkah pemulihan ekonomi sejalan dengan prioritas nasional, melalui pembangunan aksesibilitas serta konektivitas daerah sentra pertumbuhan ekonomi, dukungan insentif kepada kawasan buat menarik investasi, revisi tata cara pelayanan investasi, serta dukungan terhadap UMKM.
  2. memaksimalkan pemanfaatan dana untuk hasil dalam rangka menunjang pengendalian kesehatan, jaring pengaman sosial, dan pemulihan ekonomi balasan Covid- 19.
  3. memusatkan 25% dari dana transfer lazim buat memacu program pemulihan ekonomi kawasan serta pembangunan SDM.
  4. memfokuskan pemakaian dana insentif daerah( DID) buat digitalisasi pembelajaran, kesehatan, serta pemberdayaan UMKM.
  5. refocusing serta simplikasi tipe, bidang, serta kegiatan DAK raga yang bertabiat reguler serta penugasan.
  6. DAK non- fisik pula menunjang penguatan SDM pembelajaran melalui pertolongan program merdeka berguru, dan bonus zona strategis yang lain, semacam dana pelayanan perlindungan wanita serta anak, dana fasilitasi penanaman modal, dan dana pelayanan ketahanan pangan.
  7. mempertajam alokasi dana desa buat pemulihan ekonomi desa serta pengembangan zona prioritas, semacam: teknologi data serta komunikasi, pembangunan desa wisata, serta menunjang ketahanan pangan.
Presiden Jokowi pula menyatakan, jikalau dalam 5 tahun terakhir, hasil dari pemanfaatan budget TKDD sudah dialami oleh warga lewat kenaikan kinerja pelayanan dasar publik, semacam jalan masuk rumah tangga kepada air minum serta sanitasi layak, dan persalinan yang dibantu oleh tenaga kesehatan.

Tingkatan kesenjangan di tempat perdesaan pula menyusut yang ditunjukkan dengan terus menjadi rendahnya rasio ini dari 0, 316 pada tahun 2016 jadi 0, 315 pada tahun 2019. Demikian pula dengan persentase masyarakatmiskin di perdesaan, turun dari 13, 96% pada tahun 2016 jadi 12, 60% pada tahun 2019.

Selengkapnya donwload disini Pidato Lengkap Presiden Republik Indonesia pada Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU ihwal APBN Tahun 2021 berserta Nota Keuangannya. DOWNLOAD DISINI
download image