Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bimbingan Menjawab Soal Uji Two Way Anova Dengan Spss Lengkap

download image
Panduan: Praktik Uji Normalitas Standardized Residual dalam Two Way Anova SPSS
  • Populasi-populasi dari varian data ialah sama atau homogen. Cara mendeteksinya yaitu dengan melaksanakan uji homogenitas. Catatan: uji homogenitas mampu dilakukan sekaligus pada saat kita melaksanakan uji two way anova ini.
  • Sampel yang dipakai tidak berhubungan satu sama lain. Maksudnya masing-masing populasi saling independen di dalam kelompoknya.
  • Persyaratan yang terakhir ialah berkaitan dengan jenis data yang digunakan. Dimana untuk data variabel dependen (variabel terikat) harus berskala interval atau rasio. Sementara untuk data variabel independen (variabel bebas/faktor) yaitu berukuran kategorial.

  • CONTOH SOAL UJI TWO WAY ANOVA

    Seorang peneliti ingin mengenali apakah terdapat berbedaan hasil belajar siswa SMP menurut jenjang pendidikan terakhir orang bau tanah dan jenis kelamin siswa tersebut. Faktor jenjang pendidikan terakhir orang tua terdiri dari 3 (tiga) taraf, yaitu SMP, SLTA, dan Perguruan Tinggi (PT). Sementara aspek jenis kelamin terdiri dari 2 (dua) taraf, adalah Laki-laki dan Perempuan. Adapun data yang dikumpulkan oleh peneliti sebagaimana tabel dibawah ini.

    Bimbingan Menjawab Soal Uji Two Way Anova dengan SPSS Lengkap Bimbingan Menjawab Soal Uji Two Way Anova dengan SPSS Lengkap

    HIPOTEISIS YANG DIAJUKAN DALAM UJI TWO WAY ANOVA

    Penelitian ini dikerjakan dengan menggunakan taraf signifikansi 5%. Adapun hipotesis yang akan di uji oleh peneliti yakni sebagai berikut.
    1. Ada perbedaan hasil berguru matematika siswa menurut jenjang pendidikan terakhir orang tua.
    2. Ada perbedaan hasil berguru matematika siswa berdasarkan jenis kelamin siswa.
    3. Ada interaksi jenjang pendidikan terakhir orang tua dengan jenis kelamin siswa dalam memilih hasil belajar matematika siswa.

    PERSIAPAN DATA SEBELUM MELAKUKAN UJI TWO WAY ANOVA

    Untuk mepermudah kita dalam melakukan analisis data menggunakan sistem uji two way anova dengan SPSS, maka semestinya kita membuat pengkodean data terlebih dalulu untuk variabel aspek, ialah data jenjang pendidikan terakhir orang bau tanah dan data jenis kelamin siswa. Pengkodean data untuk jenjang pendidikan terakhir orang bau tanah dengan ketentuan: kode 1 untuk SMP, arahan 2 untuk SLTA dan arahan 3 untuk PT. Hasil pengkodean data tersebut dapat dilihat pada tebel dibawah ini.

    Bimbingan Menjawab Soal Uji Two Way Anova dengan SPSS Lengkap Bimbingan Menjawab Soal Uji Two Way Anova dengan SPSS Lengkap

    Selanjutnya pengkodeaan data untuk data jenis kelamin siswa dengan ketentuan: kode 1 untuk Laki-laki dan arahan 2 untuk Perempuan. Hasilnya selaku berikut.

    Bimbingan Menjawab Soal Uji Two Way Anova dengan SPSS Lengkap Bimbingan Menjawab Soal Uji Two Way Anova dengan SPSS Lengkap

    [Untuk latihan anda bisa mendownload semua data excel dan data.sav SPSS yang sudah saya susun
    download image