Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buka Blokir Pembatasan Panggilan Oleh Fdn

Buka Blokir Pembatasan Panggilan Yang Dibatasi Oleh FDN Cara Buka Blokir Pembatasan Panggilan Oleh FDN
Gagal melaksanakan panggilan alasannya adalah panggilan keluar dibatasi oleh FDN pada handphone, hal ini memang jarang terjadi, tetapi kalau anda mengalami pembatasan panggilan keluar ini, anda tidak perlu cemas karena cara untuk buka blokir sandi pembatasan panggilan oleh FDN ini sangatlah gampang.

Hal ini bisa terjadi pada brand smartphone seperti samsung, motorola, realme, sony, xiaomi, vivo, oppo, nokia iphone, bahkan handphone jadul sekalipun, dan dapat pula terjadi pada semua operator mirip XL, Telkomsel, Axis, Tri, Indosat im3 Ooredoo dan juga Smartfren, Nah.. lantas apa penyebabnya?

Yang pastinya jika anda menemui duduk perkara pembatasan panggilan yang dibatasi oleh FDN ini, maka kesalahan bukan pada handphone ataupun kartu SIM anda, namun hal ini disebabkan sebab aktifnya seting fitur Nomor Panggilan Tetap pada handphone.

Nomor Panggilan Tetap atau Fixed Dialing Number yang disingkat FDN ialah fitur yang ada pada handphone yang berfungsi untuk membatasi panggilan keluar pada kartu SIM yang mampu di aktifkan maupun di non-aktifkan.

Dengan fitur pembatasan FDN ini pengguna ponsel pintar bisa menghalangi panggilan keluar, untuk menangkal penggunaan panggilan pada handphone yang tidak dimengerti, mirip contohnya tombol call yang tidak sengaja frustasi, atau handphone yang dipinjam, supaya tidak mampu digunakan untuk menelpon oleh si peminjam.

Namun yang banyak dikeluhkan saat ini adalah dengan tiba-datang atau tanpa sepengetahuan, fitur ini telah aktif dengan sendirinya, sehingga pemilik handphone dibentuk galau oleh keteranganbahwa panggilan keluar dibatasi oleh FDN atau dalam bahasa inggrisnya Outgoing calls are restricted by FDN, padahal sebelumnya tidak mengaktifkan fitur ini.

Penyebab hal ini juga belum terang apakah dari pihak operatornya atau fitur otomatis yang berlangsung pada ponsel pintar. Namun sekali lagi fitur ini dapat di nonaktifkan dan untuk menonaktifkan fitur FDN ini anda mampu mengikuti caranya pada tutorian dibawah ini.

Untuk demo postingan ini menggunakan handphone Xiaomi Redmi Note 5A Prime, untuk brand dan tipe lain dapat menyesuaikan karena caranya sama dan mungkin cuma tempatnya saja yang berbeda.

Cara Buka Blokir Pembatasan Panggilan Yang Dibatasi Oleh FDN

1. Masuk pada pengaturan Handphone dan masuk pada Aplikasi atau Aplikasi Sistem

2. Selanjutnya masuk pada Telepon.

3. Masuk pada Setelan Lanjutan.

4. Selanjutnya klik pada Nomor Panggilan Tetap atau Fixed Dialing Number.

5. Klik pada Operator seluler yang anda gunakan.

6. Non-aktifkan pada Nomor Panggilan Tetap atau Fixed Dialing Number. geser tombolnya ke kiri.

Disini anda akan diminta untuk memasukkan PIN2 kartu SIM yang anda pakai, Masukan PIN2 kartu sim anda, jika berhasil maka Nomor Panggilan Tetap akan berganti pada posisi mati atau Off, dan silahkan melalukan panggilan untuk mencobanya.

Kendala yang sering dihadapi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini ialah pada PIN 2 yang mana pada umumnya dari kita tidak mengetahui berapa nomor PIN2 kartu SIM kita.

Untuk mengenali nomor PIN2 kartu SIM, kita mampu menelepon operator seluler dari kartu SIM yang kita gunakan.

Namun untuk anda pengguna kartu Telkomsel, Indosat Ooredoo dan juga XL dapat mengikuti tutorial berikut untuk menerima PIN2 kartu SIM yang akan digunakan untuk membuka blokir nomor panggilan tetap.

Cara Untuk Mendapatkan PIN2 kartu SIM

1. Pada saat anda diminta untuk memasukkan PIN2, masukkan PIN2, sampai tiga kali, meskipun jawabannya salah, hingga PIN2 terblokir.

2. Jika PIN2 terblokir, maka anda akan diminta untuk memasukkan instruksi PUK, untuk berikutnya dapat menyetel ulang nomor atau sandi PIN2 yang gres, mirip pada gambar dibawah ini.


Cara untuk mendapatkan isyarat PUK bagi pengguna Telkomsel

1. Instal Aplikasi MyTelkomsel melalui PlayStore.

2. Login dengan memakai nomor Telkomsel yang anda pakai, Jika sudah sukses Login, Selanjutnya masuk pada Akun

3. Pada Info Akun, klik pada nama akun anda.

4. Selanjutnya masuk pada info detil PUK dan disini terdapat instruksi PUK1 dan PUK2 dari kartu SIM anda, arahan PUK2 ialah aba-aba yang hendak diminta untuk membuat aba-aba PIN2 yang gres, catat dan simpan aba-aba tersebut.


Cara untuk menerima aba-aba PUK bagi pengguna im3 Indosat Ooredoo

1. Instal Aplikasi MyIM3 di PlayStore.

2. Selanjutnya masuk atau login dengan nomor im3 yang anda pakai, Jika berhasil login, pada posisi beranda masuk pada Profil yang ada pada sudut kanan bawah.

3. Pada Profil, masuk pada pengaturan yang ada di sudut kanan atas,

4. Selanjutnya klik pada Informasi PIN/PUK, yang mana disini terdapat PIN dan PUK kartu SIM anda, arahan PUK merupakan aba-aba yang mau diminta untuk membuat kode PIN2 yang gres, catat dan simpan instruksi tersebut.


Cara untuk mendapatkan instruksi PUK bagi pengguna XL

1. Instal Aplikasi MyXL di PlayStore.

2. Selanjutnya masuk atau login dengan nomor XL yang anda pakai, Jika sukses login, pada posisi Home masuk pada Lainnya yang ada pada sudut kanan bawah.

3. Selanjutnya klik pada Lihat PUK, dan masukkan ICCID, adalah nomor yang ada pada bab belakang kartu SIM XL anda, catat dan simpan aba-aba PUK tersebut, untuk membuat arahan PIN2 yang gres.

Demikian cara untuk buka blokir pembatasan panggilan yang dibatasi Oleh FDN pada handphone dan cara untuk mendapatkan kode PIN2 yang baru, serta Kode PUK, bagi pengguna operator lain mampu menghubungi langsung custumer servise masing - masing operator.

download image