Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melaksanakan Uji Independent Dengan Acara Spss

Uji Independent atau Uji Keberartian dilaksanakan untuk mengetahui apakah relasi variabel predictor (X) dengan variabel kriterium (Y) mempunyai arti signifikan atau tidak. Uji Independent intinya tergolong dalam bagian uji asumsi klasik statistik atau uji syarat.

Langkah-langkah melaksanakan Uji Independent sama dengan Langkah melaksanakan Uji Linearitas. Perbedaanya terdapat pada dasar pengambilan keputusanya. Dasar pengambilan keputusan dalam uji independent mampu dilihat dari dua cara yaitu :

Berdasarkan Nilai Signifikansi :
  1. Jika nilai signifikansi < 0,05 maka korelasi antara variabel predictor (X) dengan variabel kriterium (Y) adalah memiliki arti
  2. Jika nilai signifikansi > 0,05 maka korelasi antara variabel predictor (X) dengan variabel kriterium (Y)ialah tidak bermakna.

Berdasarkan Bersasarkan Nilai Fhitung dan Ftabel : 
  1. Jika nilai Fhitung > Ftabel maka korelasi antara variabel predictor (X) dengan variabel kriterium (Y)yakni berarti
  2. Jika nilai Fhitung < Ftabel maka kekerabatan antara variabel predictor (X) dengan variabel kriterium (Y)adalah tidak mempunyai arti.

Setelah pada postingan sebelumnya aku telah mempraktekkan Uji Linearitas untuk variabel Motivasi Belajar (X) dan Prestasi Belajar (Y) dengan N = 12, dan dihasilkan output mirip di bawah ini.


Dari output di atas, kita akan melaksanakan penarikkan kesimpulan dalam Uji Independent, yaitu selaku berikut :

Berdasarkan Nilai Signifikansi : Dari output di atas, diperoleh nilai signifikansi = 0,005 lebih kecil dari 0,05, artinya korelasi antara variabel Motivasi Belajar (X) dengan Prestasi Belajar (Y) ialah bermakna.

Berdasarkan Bersasarkan Nilai Fhitung dan Ftabel : Dari output di atas, diperoleh nilai Fhitung = 14,364 > Ftabel = 4,96 artinya korelasi antara variabel Motivasi Belajar (X) dengan Prestasi Belajar (Y) adalah berarti.

Catatan : Ftabel dicari pada tabel Distribution Tabel Nilai F0,05 (Download Distribution Tabel Nilai F0,05) dengan rumus :

Cara Melakukan Uji Independent dengan Program SPSS Cara Melakukan Uji Independent dengan Program SPSS

Demikian tadi Cara Melakukan Uji Independet dengan Program SPSS, supaya dapat berfaedah... Selanjutnya akan dibahas tentang Uji Multikolonieritas dengan Melihat Nilai Tolerance dan VIF SPSS
download image