Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menangani Tidak Ada Suara Di Zoom

download image
 Penyebab dan cara mengatasi tidak ada suara atau audio pada konferensi Zoom   pada handph Cara Mengatasi Tidak Ada Suara di ZOOM
Penyebab dan cara menangani tidak ada suara atau audio pada konferensi Zoom pada handphone maupun pada perangkat komputer maupun laptop.

Saat ini, Zoom merupakan salah satu aplikasi video conference yang mampu dibilang paling populer dikala ini  termasuk Indonesia. dengan aplikasi ini pengguna diberikan fasilitas untuk bertatap muka dengan banyak orang secara online.

Sejak adanya himbauan pemerintah bagi para pekerja untuk bekerja dari rumah atau Work From Home, maka aplikasi - aplikasi video conference mulai banyak dipakai, dan salah satu yang paling banyak digunakan yakni aplikasi Zoom.

Namun yang sering dikeluhkan oleh penggunanya pada aplikasi video conference Zoom ini, yakni pada duduk perkara output audio atau suara yang kadang-kadang tidak terdengar.

Masalah audio memang merupakan dilema yang sering terjadi pada aktivitas video conference, tak terkecuali pada aplikasi Zoom.

Namun, Tahukah anda bahwa semua aplikasi video conference termasuk Zoom mempunyai sehabis audio yang mampu di atur dan difungsikan oleh penggunanya dalam mengontrol sistem audio dikala melaksanakan video conference.

Sebelum melakukan setingan pada aplikasi, seharusnya periksa dahulu pendukung eksternal yang hendak anda gunakan mirip headset atau earphone, pastikan pendukung ini berfungsi dengan baik.

Lakukan juga investigasi terhadap audio laptop atau handphone, tentukan speaker pada perangkat berfungsi dengan baik.

Selanjutnya yang mesti anda pahami terlebih dulu ialah, mengenali karena terjadinya duduk perkara pada audio Zoom tersebut.

Ada beberapa duduk perkara yang mengakibatkan tidak keluarnya suara atau audio pada aplikasi Zoom diantaranya adalah:

Join Audio Otomatis

Salah satu faktor dari beberapa aspek yang dapat menimbulkan tidak ada bunyi pada aplikasi Zoom yaitu tidak aktifnya fitur Join Audio.

Untuk menanggulangi persoalan ini, cukup dengan mengaktifkan fitur tersebut, yakni mengaktifkan fitur Join Audio Automatically.

Lakukan pengaturan atau setting untuk audio baik itu volume speaker maupun microphone lewat sajian Audio.

Mute dalam Meeting

Fitur Mute umumnya dipakai oleh Host, yang berfungsi untuk menonaktifkan audio penerima yang ada, sehingga audio pembicara dapat terdengar secara fokus dan tidak terganggu oleh suara penerima lainnya.

Bug Pada Aplikasi

Aplikasi yang sering digunakan akan menghasilkan berkas cache atau sampah yang cukup banyak, yang mampu mengakibatkan error atau beberapa fungsi pada aplikasi tidak akan berlangsung dengan normal, salah satunya terganggunya metode audio.

Untuk menangani masalah ini seharusnya membersihkan cache pada aplikasi atau membersihkan sampah pada handphone atau perangkat komputer yang anda pakai.

Lakukan restart terhadap aplikasi Zoom dan login kembali pada ruang meeting atau conference yang sebelumnya sedang anda ikuti.

Demikian beberapa penyebab dan cara dalam menanggulangi persoalan yang sering menyebabkan suara atau audio pada aplikasi Zoom tidak terdengar.

download image