Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Cache Otomatis Di Handphone Android

download image
Cara Membersihkan dan Menghapus Cache Secara Otomatis di Hp Android - Apa itu Cache? Kata cache itu diambil dari kata crash. Secara ungkapan file cache dapat diartikan selaku file sementara (Temporary).

Cache dalam ilmu komputer didefinisikan selaku bagian yang menyimpan data-data komputasi yang gres dijalankan atau duplikasi data lain.

Fungsi utama cache pada dasarnya ialah untuk membantu mempercepat loading pada suatu halaman situs atau tampilan transfer data pada suatu aplikasi, juga untuk menolong mempercepat perangkat ketika melaksanakan aplikasi yang sebelumnya telah pernah dipergunakan.

Namun sebab begitu banyaknya aplikasi yang ada pada suatu handphone, maka hal ini dapat menjadikan banyaknya ruang pada memory handphone yang terpakai untuk menyimpan Cache, yang hal ini akan memiliki dampak pada melambatnya kinerja handphone, sehingga handphone akan terasa berat, loading yang lambat dan mampu memiliki dampak error tata cara pada android.

Untuk mempertahankan penampilan handphone anda, alangkah baiknya untuk menghapus file Cache ini secara berkala minimal 7 hari sekali.

Produksi file cache akan sangat banyak pada ketika browsing di Internet atau membuka media sosial. Setiap halaman akan menghasilkan file cache, maka dari itu file cache akan terus menumpuk.

Baca Juga:
Agar Aplikasi Tidak Update Otomatis di Android
Cara Mengganti dan Membuat Email Baru di Android

Bagaimanakah Cara Menghapus Cache pada Handphone?

1. Menghapus cache mampu dilakukan satu per satu, dan disini kita mampu memilih aplikasi apa yang mau di hapus cachenya.

Caranya: masuk pada sajian Setting / Manager Aplikasi / Pilih aplikasi yang hendak di hapus cachenya kemudian Clear Cache.

2. Untuk menghapus cache sekaligus pada semua aplikasi, anda dapat memakai aplikasi App Cache Cleaner yang bisa anda peroleh secara gratis.

Caranya: Instal App Cache Cleaner, untuk di Play Store, aplikasi ini sudah tidak lagi tersedia, anda dapat mendownloadnya Disini.

Setelah di instal buka aplikasinya, akan timbul semua aplikasi yang terinstal di memori perangkat anda serta ukuran jumlah Cachenya, klik Clear All untuk meniadakan Cachenya sekaligus.

Kemudian pada tab Residual Files, untuk menghapus folder - folder yang kosong yang tersisa. klik Delete.

Dengan Aplikasi ini anda juga mampu menertibkan supaya Cache pada handphone anda dapat dibersihkan secara otomatis. dengan cara masuk pada hidangan Setting yang ada pada bab kanan atas, kemudian klik Auto Clear Interval, Selanjutnya pilih waktunya.

Sebenarnya untuk meniadakan cache sekaligus pada handphone android dapat dikerjakan tanpa menggunakan aplikasi pemanis, namun cara ini hanya mampu dilakukan pada perangkat OS Android 4,2 jelly Bean keatas, melalui menu Penyimpanan (Storage) dan pilih Cached Data.

Membersihkan cache secara bersiklus dapat membantu menjaga tampilan handphone, meminimalkan pemakaian baterai, dan juga mengurangi ruang memori atau penyimpanan ekstrenal handphone, sungguh diusulkan untuk selalu membersihkannya minimal sekali dalam sepekan.

download image