Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Mencuci Pakaian Materi Kain Polyester

download image
Berikut adalah postingan yang membicarakan tutorial tentang bagaimana cara merawat dan membersihkan busana yang terbuat dari materi kain poliester ,biar busana anda abadi dan tidak cepat rusak.

Apa itu bahan kain polyester ?

Anda mampu berterima kasih terhadap ilmuwan Inggris John Whinfield dan James Dickson atas pengembangan serat poliester pertama, Terylene, pada tahun 1941. Pekerjaan mereka terinspirasi oleh penemuan ilmuwan DuPont, W.H. Carothers, yang merupakan penemu nilon. Carothers mendapatkan bahwa alkohol dan asam karboksil sukses dicampur untuk membuat serat.
Nama ini berasal dari poli (artinya banyak) dan ester (senyawa kimia organik dasar). Etilen, turunan minyak bumi, ialah materi utama dalam pembuatan poliester. Itu dapat disuling dari minyak atau didaur ulang dari plastik yang dibuat sebelumnya.
Setelah berakhirnya Perang Dunia II, DuPont berbelanja hak untuk memproduksi poliester, dan sisanya yaitu sejarah. Saat ini, lebih dari 56 persen busana dunia yang dibuat dari poliester. Anda akan memperoleh serat poliester di nyaris setiap kategori kain dari tulle tipis sampai pelapis dan karpet tebal.
Bahan poliester mampu dibuat menjadi 4 bentuk serat yang berbeda adalah :

1. Serat stapel

Serat stapel dibuat dengan memangkas filamen menjadi panjang pendek yang telah ditentukan sebelumnya. Serat ini kemudian mampu dikombinasikan dengan serat lain untuk membuat adonan seperti kapas poli.

2. Fiberfill

Fiberfill yaitu serat yang sangat tipis, dengan panjang pendek yang menciptakan bahan tebal dan halus yang dipakai untuk mengisi bantal atau menawarkan lapisan isolasi pada seprai dan busana luar.

3. Filamen

Filamen yaitu untaian kontinu yang mampu ditenun atau dirajut menjadi kain dengan permukaan halus dengan berbagai bobot.

4. Poliester derek

Poliester derek terbuat dari filamen kontinu yang disatukan secara longgar. Derek menciptakan serat padat seperti tali yang bisa dibiarkan panjang atau dipotong pendek untuk karpet.

Cara merawat dan membersihkan busana berbahan poliester

Poliester adalah kain sintetis buatan manusia yang tahan serangga, fleksibel, dan mampu ditenun atau dirajut menjadi berbagai bobot dan tekstur. Pakaian poliester sering kali mendapat reputasi jelek, namun serat poliester sering digunakan di dunia mode. Microfiber dan busana olahraga penampilan tinggi kerap kali mengandung poliester. Dan, penambahan poliester ke kain katun merevolusi pakaian yang gampang dirawat — tidak perlu lagi menyetrika! Serat poliester giat, dan mampu menahan banyak pembersihan. Beberapa busana seperti atasan dan gaun perlu sering dicuci sesudah digunakan.
Oleh karena itu dalam mencuci dan merawat pakaian berbahan polester perlu trik tertentu semoga busana anda tidak cepat rusak.
Poliester sungguh peka terhadap panas — suhu tinggi dapat menyebabkannya meleleh, berkurang, atau berganti bentuk. Jangan pernah memilih pengaturan air panas atau panas tinggi ketika menggunakan mesin cuci, pengering, atau setrika.

Yang dibutuhkan untuk mencuci bahan poliester

Dalam mencuci kain tentu saja membutuhkan bahan dan alat yang diperlukan , seperti :
1. Deterjen.
2. Pemutih berbahan dasar oksigen (opsional).
3. Mesin basuh.
4. Pengering.
5. Rak pengering (opsional).

Instruksi cara mencuci

Ada beberapa tahapan mencuci :

1. Menghilangkan noda

Saat oli bersinggungan dengan kain poliester, daya tariknya kokoh dan susah untuk dihancurkan. Namun, noda berminyak mampu dihilangkan bila dirawat dengan penghilang noda atau setetes deterjen yang kuat sesegera mungkin. Kerjakan penghilang noda ke serat dengan jari Anda dan biarkan melakukan pekerjaan setidaknya selama 15 menit sebelum dicuci. Selalu periksa apakah noda sudah hilang sebelum memasukkan busana poliester ke dalam pengering — panas akan menjadikan bintik-bintik itu mengendap dan membuatnya nyaris tidak bisa dihilangkan.

2. Tahap mencuci

Atur mesin cuci Anda ke pengepres permanen dan pilih air hambar atau hangat.

3. Masukan Detergen

Pilih deterjen yang anggun yang mengandung enzim untuk mengurai noda dan kotoran yang berat. Tambahkan jumlah yang diusulkan per ukuran muatan ke mesin basuh. Masukkan pakaian dan mulai siklusnya.

4. Proses pengeringan

Angkat pakaian dari mesin basuh dan tempatkan di pengering. Pilih pengaturan pers permanen dan mulai pengering. Anda juga mampu menentukan untuk mengeringkan busana di rak pakaian.

5. Lipat atau Gantung

Setelah pakaian ditentukan sudah kering Lipat kepingan poliester rajutan longgar dan letakkan di lemari anda. Barang tenunan dan barang yang dirajut rapat, mirip kemeja, gaun, atau celana, mampu digantung.

ingat !! Jangan terlalu berlebihan memakai pemutih

Kunci untuk mencerahkan dan memutihkan poliester adalah menghindari pantai klorin alasannya akan mengelupas lapisan luar serat untuk mengungkap inti dalam berwarna kuning. Sebaliknya, pilih pemutih oksigen dan air hangat. Campurkan larutan pemutih oksigen dan air secukupnya mengikuti isyarat kemasan untuk merendam kain sepenuhnya. Biarkan busana kotor terendam larutan selama berjam-jam lalu cuci seperti biasa.

Proses menyetrika

Salah satu nilai jual poliester yang paling signifikan yaitu kualitasnya yang tidak kusut. Namun, jika poliester menjadi sangat kusut atau kusut, mungkin susah untuk menghaluskan kain. Cara terbaik untuk menghilangkan kusut yakni menyetrika dengan uap panas dengan pengaturan panas sedang. Jika tidak berhasil, Anda mampu mencoba menggunakan steamer busana.

Pakaian poliester mampu ditumpuk dengan rata. Jika Anda melipat busana poliester, pakaian tersebut cenderung kusut. Pakaian poliester dapat disimpan dengan aman di kolam plastik atau digantung di tas pakaian untuk melindunginya dari bubuk. Selalu simpan barang yang baru dicuci dan benar-benar kering.
Nah itulah sedikit tips mencuci dan merawat busana berbahan poliester ,gampang mudahan berfaedah.
download image