Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Tanggal Hijriyah Islam Di Handphone

 merubah atau mengganti widget tanggal di handphone menjadi Tanggal Hijriyah atau Kalender Cara Pasang Tanggal Hijriyah Islam di Handphone
Cara memasang, menambahkan, mengganti atau mengubah widget tanggal di handphone menjadi Tanggal Hijriyah atau Kalender Islam. Pada perangkat handphone yang selama kita gunakan tata cara penanggalannya bukan memakai tata cara Hijriyah melainkan memakai tata cara global, ialah sistem penaggalan masehi, yang dipakai diseluruh dunia, dan ini sudah menjadi bawaan dari handphone, saat kita mengaktifkannya.

Bagi umat muslim kalender islam atau tata cara penaggalan hijriah sangatlah penting, karena berhubungan dengan waktu-waktu peribadatan dan juga berkenaan dengan hari-hari besar keagamaan, yang sangat bergantung pada tanggal, hari dan bulan pada kalender hijriah.

Seperti penetapan awal dimulainya bulan Suci Ramadhan dimana umat Islam akan menunaikan ibadah puasa, serta penetapan tanggal 1 Syawal untuk Hari Raya Idul Fitri dan juga Idul Adha.

Untuk Menampilkan tanggal Hijriyah di layar beranda atau layar home handphone seperti tanggal masehi yang selama ini kita gunakan, kita memerlukan sebuah widget yang mampu kita pakai untuk itu, sehinggal dilayar handphone mampu memperlihatkan tanggal hijriyah tersebut.

Widget tanggal Hijriyah tersebut mampu disandingkan dengan tanggal masehi yang ada pada bawaan handphone, atau mampu juga disetting dengan mengganti tanggal masehi dengan tanggal hiriyah pada layar handphone, alasannya widget - widget yang ada pada halaman depan maupun halaman kunci handphone itu intinya mampu di setel, di ganti ataupun tidak digunakan sama sekali.

Oleh karena itu kita memerlukan komplemen aplikasi pada handphone yang mana aplikasi ini menyediakan widget untuk dapat diposisikan pada layar handphone, sebab berlainan dengan aplikasi yang ada selama ini yang hanya menyediakan kalender islam tetapi tidak menyediakan widget untuk menempatkan gosip hari, tanggal dan tahun pada layar handphone.

Untuk kali ini kita akan memakai aplikasi widget Hijri Calendar Widgets dari ICOUK, ada beberapa fitur pada aplikasi ini, diantaranya:

  • Tanggal Hijriah didasarkan pada laporan penampakan bulan yang diverifikasi oleh pandangan.
  • Semua tanggal dan pengaturan Hijriah disinkronkan dengan server online.
  • Perkiraan tanggal Hijriah bulan selanjutnya ditawarkan berdasarkan asumsi penampakan (Imkan Al Ruyat).
  • Menampilkan Tanggal Hijriah maupun Masehi Gregorian.
  • Tersedia kalender bulanan, baik yang sudah lalu dan yang mau tiba, Semuanya masih dapat dilihat dengan menggunakan tombol navigasi.
  • Fitur Penyesuaian Hari dan Bulan, jikalau terjadi perbedaan, untuk pengguna dari luar Inggris.
  • Tanggal dan teks bantu Hijriah yang dapat dilihat dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.
  • Hari - hari besar Islam akan ditampilkan pada tanggal Hijriah yang berkaitan sebagai pengingat.
  • Tanggal Hijriah Harian dan Bulanan yang mampu digunakan secara terpisah, dengan pengaturan pembiasaan hari.
  • Warna depan dan latar belakang yang dapat disesuaikan biar sesuai dengan wallpaper handphone.

Cara Memasang Tanggal Hijriyah Islam di Handphone.

1. Instal aplikasinya di PlayStore atau di App Store atau download Disini.

2. Jika sukses di instal, langsung menuju layar beranda handphone, klik dan tahan pada layar handphone hingga muncul penampilan hidangan.

3. Pilih Widget, untuk menyertakan widget kalender hijriyah pada layar utama handphone.

4. Pilih ICOUK Hijri Calendar, terdapat dua jenis kalender Hijriyah yang dapat anda gunakan, anda mampu memilih salah satunya, atau ingin menampilkan kedua - duanya juga bisa, selama ruang di layar handphone masih tersedia.

5. Selanjutnya tinggal mengendalikan letak widgetnya, supaya tampakrapi. Jika tampilan widgetnya tidak cocok dengan latar belakang atau walpapper handphone, anda mampu mengaturnya lewat sajian pengaturan, diatur lewat Background untuk latar belakang dan Foreground untuk warna teksnya.

6. Jika terdapat kekeliruan pada tanggalnya dapat diubahsuaikan melalui sajian Adjust Days.

7. Sedangkan untuk melihat hari - hari besar islam dapat melalui sajian yang ada pada sudut kanan atas, selanjutnya pada Islamic Holidays.

Demikian cara menampilkan tanggal Hijriyah di layar handphone, kalender islam ini mampu disandingkan dengan kalender masehi yang ialah bawaan handphone. sehingga kita dapat mengetahui penanggalan keduanya.

download image