Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pendaftaran Kartu Telkomsel

Setiap pengguna kartu prabayar diharuskan untuk melakukan pendaftaran menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Hal ini mengacu pada peraturan Menkominfo No.12/2016 Pemerintah mengharuskan semua pengguna kartu prabayar, baik kartu baru maupun kartu usang semoga dapat diregistrasi sesuai NIK masing-masing.

Setiap pengguna kartu prabayar diharuskan untuk melakukan registrasi menggunakan Nomor Ind Cara registrasi kartu telkomsel


Jika sudah sukses pendaftaran kartu telkomsel tentunya banyak manfaat yang kamu peroleh seperti Perlindungan pelanggan. Jika kau sudah meregistrasi kartu telkomsel baik kartu usang maupun kartu perdana. Kamu telah mendapatkan sumbangan dari penyalahgunaan data serta hal hal yang dapat merugikanmu.

Selai itu, akomodasi penyediaan layanan juga kamu peroleh bila sudah final pendaftaran kartu telkomsel mirip kemudahan dalam transaksi online. kalau ada masalah pada kartu telkomsel seperti kartu telkomsel habis periode tenggang, padahl kartu tersebut ialah kartu satu satunya yang kau miliki. Banyak hal hal penting yang berkaitan dengan nomor tersebut. 

Otomatis kau menginginkan kartu habis kala tenggang agar mampu diaktifkan kembali. Dengan melakukan registrasi kartu sebelumnya tentunya akan mempermudah dalam hal pengurusan kartu untuk diperbaiki kembali. Apabila kartu telkomsel hilang, kemudian kau datang ke grapari telkomsel untuk minta kartu gres dengan nomor yang serupa. Setelah pengecekan oleh telkomsel kalau data cocok(khusus yang telah berhasil registrasi kartu telkomsel) kau akan dapat fasilitas untuk mengganti kartu hilang dengan nomor sama. Tapi bila kartu telkomsel yang hilang belum diregistrasi, kemungkinan kamu tidak mampu mendapatkan kartu baru nomor sama.

Intinya apabila sudah pendaftaran kartu telkomsel banyak fasilitas layanan yang bisa kamu peroleh, kemudian keamanan data data langsung kau sudah terjamin.Registrasi kartu telkomsel mampu dilaksanakan sendiri memakai format dan masukan NIK.

Syarat pendaftaran kartu telkomsel yang mesti kau sediakan

Segera pendaftaran kartu prabayar telkomsemu untuk keselamatan data dan menerima akomodasi pelayanan, jika data di kartu prabayar telah sesuai dengan system telkomsel tentunya akan mudah ketika mengorganisir kartu telkomsel nantinya, kalau ada persoalan pada kartu telkomsel yang kamu pakai. Sediakan syarat pendaftaran kartu telkomsel berikut.

  • Sediakan KTP Elektronik (KTP yang masih berlaku)
  • Sediakan Kartu Keluarga (KK)
Jika syarat pendaftaran kartu telkomsel sudah kamu sediakan, lansung saja lakukan pendaftaran kartu dengan cara berikut ini.

Langkah-langkah registrasi kartu telkomsel

Cara pendaftaran kartu telkomsel gres berbeda dengan cara pendaftaran kartu telkomsel lama. Artinya kartu perdana telkomsel tidak sama dengan cara daftar kartu telkomsel yang sudah aktif. Makara kau harus mampu membedakan format registrasi kartu telkomsel baru dengan format kartu telkomsel yang lama. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut.

1.Cara pendaftaran kartu telkomsel baru (kartu perdana)

  • Ketik REGNIK#Nomor KK# kemudian kirim ke 4444
  • Sebagai acuan: REG 123456789123456#121212121212#
Tunggu hingga kau menerima SMS akibat berhasil pendaftaran kartu telkomsel, jika belum ada akibat silahkan coba restart androidmu.

2.Cara registrasi kartu telkomsel lama (Kartu telkomsel yang sudah aktif)

  • ketik ULANGNIK#Nomor KK# kemudian kirim ke 4444
  • Sebagai acuan: UALNG NIK#123456789123456#1212122122#
Pastikan kau mendapatkan SMS akibat berhasil pendaftaran kartu telkomsel usang. Jika belum menerima sms akhir sukses registrasi kartu telkomsel, silahkaan tunggu maksimal 1x24 jam. Jika masih belum ada balasan,kamu mampu coba ulang kembali pendaftaran kartu telkomsel.


Cara cek status pendaftaran kartu telkomsel sukses

Setelah simpulan registrasi kartu telkomsel, meskipun belum mendapatkan akhir berhasil daftar kartu. Ada baiknya kamu pastikan dulu apakah benar registrasi kartu telah berhasil. Cara cek registrasi kartu telkomsel melalui kode berikut

  • Tekan kode cek registrasi kartu telkomsel  tekan*444#
  • Pilih Nomor 2 Cek status registrasi
  • Masukan 16 digit nomor induk kependudukan
  • Kirim
  • Tunggu SMS informasistatus pendaftaran kartu telkomsel

Cara mengatasi jikalau gagal registrasi kartu telkomsel

Apabila kau sudah mengikuti cara registrasi kartu telkomsel dengan benar dan lengkap, namun gagal pendaftaran, registrasi kartu telkomsel tidak sukses. Cara mengatasi tidak mampu registrasi kartu prabayar dengan melakukan cara:

  • Pengecekan sinyal di android
  • Cabut kartu dan pasang kembali
  • Restart android
  • Pindahkan kartu ke hp lain
  • Registrasi kartu telkomsel kembali.

Jika solusi diatas tidak berhasil, kau mampu hubungi call center telkomsel 188 atau klik www.telkomsel.com untuk minta bantuan cara registrasi kartu telkomsel gagal.

Registrasi kartu telkomsel NIK tidak didapatkan

Gagal pendaftaran kartu telkomsel pastinya ada hal yang menyebabkan. Banyak aspek yang mempengaruhi tidak bisa daftar kartu telkomsel seperti keadaan sinyal, salah format pendaftaran kartu, NIK salah. Solusinya cek kembali data yang dipakai.

Apabila gagal registrasi kartu telkomsel NIK tidak ditemukan, artinya hal ini bukan disebabkan jaringan.Kemungkinan NIK yang kau gunakan untuk daftar kartu telkomsel NIK yang lama. Solusinya cek kembali data NIK yang kau pakai untuk mendaftar kartu telkomsel. Dengan kata lain jika kamu mengalami masalah pada data kependudukan, silahkan klik situs dukcapil mampu juga menghubungi call center 1500537 pada hari dan jam kerja.

Maksimal pendaftaran kartu telkomsel dalam satu KK

Registrasi kartu telkomsel diwajibkan untuk semua kartu prabayar baik pengguna gres maupun kartu lama. Meskipun demikian, kamu tidak mampu bebas registrasi kartu dalam jumlah banyak untuk satu data KK. Artinya registrasi kartu prabayar dalam satu kk dibatasi.

Kartu Keluarga cuma dapat digunakan untuk daftar kartu telkomsel optimal tiga kartu (tiga nomor) jadi dihentikan lebih dari tiga nomor untuk data satu KK. Apabila ada salah satu nomor yang sudah diregistrasi tidak aktif lagi, tetapi masih terdaftar pada data di Kartu Keluarga (KK). Sebaiknya kau nonaktifkan/unreg pendaftaran kartu telkomsel semoga dapat dipakai kembali data kartu keluarga untuk pendaftaran kartu telkomsel yang lainnya.

Cara unreg kartu telkomsel

Karena ada batas maksimal jumlah pendaftaran kartu telkomsel dalam data satu kk, maka tidak diperbolehkan daftar kartu telkomsel lebih dari tiga nomor dalam satu kartu keluarga. Oleh alasannya adalah itu, jika kamu ingin mendaftar kartu gres, sebaiknya unregistrasi registrasi kartu telkomsel yang tidak dipakai lagi, tetapi masih terdaftar menggunakan KK.

1.Cara unregistrasi kartu telkomsel via SMS

  • ketik UNREG#Nomor Kartu Keluarga
  • Contoh UNREG#121212122121221
  • Kirim ke 4444
  • Tunggu sampai kamu menerima akhir pendaftaran kartu telkomsel sudah sukses dinonaktifkan

2.Cara unregistrasi kartu telkomsel via aba-aba 

  • Tekan *444# OK
  • Lalu pilih Nomor.3 UNREG
  • Masukan 16 digit nomor induk kependudukan
  • Kirim
  • Tunggu SMS keteranganunregistrasi telah berhasil

Sekianlah informasi yang mampu admin jelaskan dalam postingan ini tentang cara registrasi kartu telkomsel, cara cek status registrasi kartu telkomsel maupun cara menonaktifkan registrasi kartu telkomsel. Untuk menerima isu yang lengkap datangi situs www.telkomsel.com, banyak maaf jika ada salah kata dalam penulisan yang tidak disengaja.
download image