Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Teladan Lengkap Sk Kepala Desa (Kades) Terbaru



Surat Keputusan (SK) Keuchiek merupakan salah satu bentuk manajemen gampong. Menjadi bab produk hukum Gampong yang lain. SK ada dan ditetapkan sehubungan peran dan kewenangan gampong dalam rangka pelaksanaan Peraturan Gampong maupun Peraturan Keuchiek Gampong. Dapat dibilang bahwa Keputusan Keuchiekadalah sebagai salah satu bentuk peraturan pelaksananya/ bersifat teknis

Surat Keputusan Keuchiekdikeluarkan semata-mata untuk terlaksananya Peraturan Gampong dan atau Peraturan Keuchiek Gampong. Serta hal-hal lainnya yang tidak atau belum cukup di atur dalam kedua peraturan tingkat gampong tersebut.

Kita mampu membedakan dengan tegas Peraturan Gampong dan Peraturan Keuchiek Gampong.

Peraturan Gampong

Peraturan Gampong (Perdes)dibuat dalam rangka tata pelaksanaan pemerintahan gampong yang bersifat menertibkan, mengurus, menambah beban penduduk

Perdes juga dibentuk atas dasar ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengharuskan dikeluarkannya aturan dengan Perdes. Biasanya setiap hal yang mau menjadikan kewajiban pertanggung jawaban dikemudian hari atau penggunaan anggaran pemerintah wajib dibuatkan Perdes-nya.

Contoh kegiatan Pemilihan Keuchiekmerupakan aktivitas yang sarat dengan pertanggung jawaban di lalu hari.Tahapan-tahapan pada Pemilihan Keuchiekbersipat mengatur, membebani bahkan mampu menimbulkan hak dan kewajiban bagi sebagian warga dan atau seluruh warga. Maka pelaksanaan Keuchiekharus diataur dengan Peraturan Gampong.

Tiga hal pokok yang mendasari keluarnya Peraturan Gampong.
  1. Gampong memiliki kewenangan menertibkan penduduk untuk merealisasikan impian/harapan bareng masyarakat gampong yang makmur. Agar tidak terjadi kesewenang-wenangan serta menjadi dasar hukum yang mengikat bagi pihak pemerintah Gampong dan penduduk . Dibuat Peraturan Gampong.
  2. Gampong dapat menambah beban masyarakatnya dengan keharusan maupun haknya. Misalnya wacana pungutan gampong. Setiap pungutan gampong harus ada dasarnya berupa Perdes. Pungutan gampong dalam bentuk apapun kepada penduduk tanpa ditetapkan dengan Peraturan Gampong mampu dikategorikan sebagai pungutan liar (pungli). Perdes tentang pungutan gampong perlu ditetapkan sebelum membicarakan Rancangan peraturan Gampong tentang APBGampong.
  3. Adanya peraturan perundang-undangan di atasnya yang mengendalikan mesti dibentuknya Peraturan Gampong. Contoh Perdes APBGampong mesti dibentuk berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 perihal Pengelolaan Keuangan Gampong. Demikian juga Perdes RPJMGampong, Perdes RKPGampong ialah Perdes yang harus ada alasannya diputuskan oleh peraturan perundang-usul di atasnya.
Tata Naskah Surat Keputusan Keuchiek Gampong

Sebelum saya memberkan teladan SK Keuchiekyang dapat anda download dibagian akhir, sedikit aku gambarkan tata naskah Surat Keputusan /SK Keuchieksesuai tata naskah dinas.
Cara Penulisan Keuchiek Surat Keputusan

Prosedur dan tata penulisan SK Keuchiekdapat aku jelaskan seperti ini.
  1. Pada bagian pertama/paling atas diisi dengan Kop Gampong. Sebagai bab keuchiek surat Kop Gampong harus diletakan di atas dan harus mengandung gosip yang terperinci. Cantumkan, alamat kedudukan maupun alamat surat maupun e-mail. Bahkan di abad teknologi informatika ini sudah ada gampong yang mencantumkan juga alamat situs web gampong.
  2. Tulis pada baris pertama sebagai keuchiek dari surat dengan menuliskan KEPUTUSAN KEUCHIEK GAMPONG. Tidak perlu mencantumkan nama Gampong. Ada juga yang mencantumkan nama Kecamatan dan Kabupaten, saya kira tidak diperlukan bila SK dibentuk dengan menggunakan Kop Surat resmi Pemerintah Gampong. Alasannya sederhana, sebab pada Kop Surat sudah mencantumkan Kecamatan dan Kabupaten, jadi tidak mungkin salah alamat.
  3. Di bawah kata-kata KEPUTUSAN KEUCHIEK GAMPONG, tulis Nomor SK, NOMOR ditulis dengan hurup kapital. Aturan penommorannya sebaiknya didahului indek/klasifikasi seperti pada penjabaran surat kebanyakan. Diikuti nomor urut SK, nomerklatur Gampong contohnya Des/Gampong/Pemdes selaku mana dikelola dalam Perbup masing-masing Kabupaten/Kota. Bagian selesai diisi tahun SK diterbitkan. Selengkapnya nomor SK mampu ditulis mirip ini : 140/SK-03/Des/2019, aba-aba klasifikasi 140 untuk Pembangunan Gampong. Dengan mencantukan instruksi klasifikasi 140, kita mengetahui bahwa SK tersebut berisi tentang pembangunan Gampong.
  4. Di bawah nomor SK ditulis "TENTANG" dengan hurup kapital, sebelum dan sesudahnya diberi spasi tunggal (satu spasi)
  5. Kemudian menuliskan judul Surat Keputusan dengan hurup kapital. Beri satu spasi kebawah tuliskan KEUCHIEK(NAMA GAMPONG), diakhiri tanda baca (koma). Dalam pola yang aku berikan (dibagian yang anda download) ada yang mencantumkan baris sebelumnya dengan kata-kata DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA. Pada SK kata-kata tersebut tidak perlu dicantumkan. Kalimat Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa hanya dicantumkan pada produk hukum yang bersipat peraturan.
  6. Dari permulaan sampai bagian ini hukum penulisannya ditaruh dengan menggunakan margin rata tengah.
Cara Penulisan Konsideran dann Dasar Hukum Surat Keputusan 

Selanjutnya ditulis konsideran dari Keputusan Keuchiek Gampong. Pada bagian konsideran menimbang : dikuti titik dua, selanjutnya di tulis hup a., b., dan seterusnya bila konsideran menimbang lebih dari satu, dan tanpa diawali penomoran dengan hurup bila hanya satu. Mulai dengan kata bahwa awal kata (b) ditulis kecil, isi pada bab ini dengan menggambarkan latar belakang dan atau kepentingan diterbitkannya Keputusan Keuchiek Gampong. Atau dengan menyebutkan pasal dari peraturan atau Undang-undang yang mewajibkan diterbitkannya Keputusan Keuchiek Gampong.
 
Konsideran mengingat atau lebih tepatnya bagian Dasar Hukum diisi dengan peraturan perundang-ajakan yang berhubungan dengan isi Keputusan Keuchiek Gampong. Berisi dasar aturan yang tingkatannya sama atau lebih tinggi. Tata penulisan diawali dengan nomor/angka 1., 2., dan seterusnya. Ditulis secara berurutan dari undang-undang atau peraturan yang lebih tinggi ke yang paling rendah dan dari tahun yang paling usang ke yang paling gres. 

Sekurang-kurangnya ditulis dua tingkatan Peraturan diatas Peraturan Gampong contohnya memasukan pada dasar aturan yakni Peraturan Menteri diikuti perda Kabupaten gres dimasukan Peraturan Gampong jika ada yang relevan. Tiap selesai kalimat konsideran mengenang di akhiri dengan tanda baca (;) titik koma, kecuali kalimat terakhir diakhiri dengan (.) titik.

Hirarki penulisan dasar aturan dari yang paling tinggi ke paling rendah sebagai berikut:
Undang-Undang Dasar 1945
  1. Ketetapan MPR
  2. Undang-Undang/Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang
  3. Peraturan Pemerintah
  4. Peraturan Presiden
  5. perda Provinsi
  6. Peraturan kawasan Kabupaten
SK Keuchiek dikeluarkan sebagai salah satu bentuk pelaksanaan dari Peraturan Gampong maupun Peraturan Keuchiek Gampong. Berikut acuan SK tersebut :
  1. SK Lembaga Pemberdayaan Masyarakat. Download 
  2. SK Kadus. Download 
  3. SK Tim Penyusun RPJMG Download
  4. SK Tim Penyusun RKPG DownLoad
  5. SK Tambahan Penghasilan Aparatur Pemerintah Desa (TPAPD) Download
  6. SK Posyandu Down load
  7. SK BKD Down load
  8. SK UP2K Down load
  9. SK MCK Komunal Download
  10. SK TPK Download
  11. SK Bendahara Download

download image