Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Tutorial Penyusunan Rkp Desa Tahun 2021

download image
Download Panduan Penyusunan RKP Desa Tahun 2021
Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi (Permendesa, PDTT) Nomor 19 Tahun 2020 pada Pasal 7 menyebutkan bahwa Perencanaan Pembangunan Desa terdiri dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) yang sifatnya pembangunan 6 (enam) tahunan dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) yang direncanakan dalam 1 (satu) tahun anggaran berlangsung.

Selain itu pelaksanaan pembangunan Desa melibatkan partisipatif masyarakat, tugas aktif perangkat Desa, lembaga-forum Desa, forum di tingkat kecamatan dan kabupaten (atau lembaga supra Desa), dan lain-lain. Juga penting artinya melakukan pemantauan dan evaluasi kepada pelaksanaan pembangunan Desa biar arahnya tidak melenceng dari garis-garis yang sudah ditetapkan dalam dokumen perencanaan pembangunan Desa.

Perencanaan pembangunan Desa menjadi sesuatu yang sungguh penting untuk dilaksanakan oleh Pemerintah Desa karena dengan penyusunan rencana yang dibentuk, maka implementasi pembangunan dan pembedayaan di tingkat Desa menjadi tepat target dan terukur. Berkaitan dengan kerangka pikir di atas, diharapkan “Panduan Penyusunan RKP Desa Tahun 2021”. Panduan ini disusun selaku salah satu bentuk upaya dalam mendorong terwujudnya tata pemerintahan Desa yang baik dalam rangka mewujudkan penduduk Desa yang sejahtera dan berkeadilan sosial serta berdikari.

Selengkapnya silakan Download Panduan Penyusunan RKP Desa Tahun 2021. DOWNLOAD DISINI

download image