Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dukungan Sosial Tunai (Bst) Tahap Kedua Cair Awal Juni 2020

download image
 Demikian kata Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin  Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap Kedua Cair Awal Juni 2020

Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap ke 2 untuk masyarakat terdampak Covid-19 akan cair pada awal Juni nanti. Demikian kata Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM) Kementerian Sosial (Kemensos) Asep Sasa Purnama.
"Rencana awal Juni gelombang ke 2 Bantuan Sosial Tunai (BST) telah mampu diterima keluarga akseptor faedah (KPM)," kata Asep di Indramayu, Rabu, saat melakukan supervisi dan monitoring Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kabupaten Indramayu, Kamis (27/5).

Asep menyampaikan saat ini dana Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 2 telah berada di kantor PT Pos Indonesia. Mereka tinggal menanti perintah penyaluran dari pemerintah.

"Sedangkan untuk gelombang ke 3, jika berdasarkan agenda itu pekan ke 3 bulan Juni," ujarnya.

"Dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), selain menggandeng PT Pos Indonesia, Kemensos juga menggandeng Himpunan Bank Milik Negara (Himbara)," tuturnya.

Kementerian Sosial menargetkan jumlah peserta Bantuan Sosial Tunai (BST) seluruh Indonesia pada periode pandemi Covid-19 ini mencapai 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Dari data tersebut, PT Pos Indonesia mengcover sekitar 8,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan sisanya disalurkan Himbara.

Asep menyertakan untuk penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) dilakukan sekaligus 3 bulan. misalnya kawasan Maluku dan Papua, alasannya ongkos pengiriman Bantuan Sosial Tunai (BST) ke wilayah tersebut begitu mahal.

"Kita menghendaki gelombang ke 3 khususnya tempat jauh mirip Papua jikalau disalurkan setiap bulan menjadi tidak efisien, tarifnyamahal. Jadi eksklusif 3 bulan," kata Asep. Seperti diberitakan Antara.

Sumber: merdeka.com
download image