Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Forum Kemasyarakatan Desa Dan Forum Budpekerti Desa Berdasarkan Uu Nomor 6 Tahun 2014

download image



Bagian Kesatu
Lembaga Kemasyarakatan Desa
Pasal 94

  1. Desa mendayagunakan forum kemasyarakatan Desa yang ada dalam membantu pelaksanaan fungsi penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan penduduk Desa.
  2. Lembaga kemasyarakatan Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ialah wadah partisipasi masyarakat Desa selaku mitra Pemerintah Desa.
  3. Lembaga kemasyarakatan Desa bertugas melaksanakan pemberdayaan masyarakat Desa, ikut serta mempersiapkan dan melaksanakan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan penduduk Desa.
  4. Pelaksanaan acara dan acara yang bersumber dari Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemda Kabupaten/Kota, dan forum non-Pemerintah wajib mempekerjakan dan mendayagunakan forum kemasyarakatan yang telah ada di Desa.


Bagian Kedua
Lembaga Adat Desa
Pasal 95

  1. Pemerintah Desa dan penduduk Desa mampu membentuk forum budpekerti Desa.
  2. Lembaga budpekerti Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan forum yang mengadakan fungsi budbahasa istiadat dan menjadi bagian dari susunan asli Desa yang berkembang dan meningkat atas prakarsa penduduk Desa.
  3. Lembaga budbahasa Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bertugas membantu Pemerintah Desa dan sebagai mitra dalam memberdayakan, melestarikan, dan berbagi adab istiadat selaku wujud legalisasi kepada adat istiadat penduduk Desa.
download image