Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Joko Widodo Teken Pp, Gaji Perangkat Desa Setara Pns Kelompok Iia, Berikut Besarannya

download image

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 perihal Perubahan Kedua atas PP Nomor 43 Tahun 2014 perihal Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Desa. Dengan aturan baru ini, honor perangkat Gampong setara dengan honor pokok PNS kalangan IIA. Mengutip setkab.go.id, PP ini ditandatangani Jokowi pada Kamis (28/2/2019).

Dalam PP ini, pemerintah mengubah Pasal 81 menjadi selaku berikut:

1. Penghasilan tetap diberikan kepada Keuchiek Gampong, sekretaris desa, dan perangkat Gamponglainnya dianggarkan dalam APBG yang bersumber dari ADD (Anggaran Dana Gampong).

2. Bupati/wali kota menetapkan besaran penghasilan tetap Keuchiek Gampong, Keurani Gampong, dan perangkat Gampong lainnya, dengan ketentuan:

  • Besaran penghasilan tetap Keuchiek Gampong paling sedikit Rp 2.426.640,00 setara 120% dari honor pokok pegawai negeri sipil kalangan ruang II/a;
  • Besaran penghasilan tetap Keurani Gampong paling sedikit Rp 2.224.420,00 setara 110% dari gaji pokok pegawai negeri sipil kelompok ruang II/a; dan
  • Besaran penghasilan tetap perangkat Gamponglainnya paling sedikit Rp 2.022.200,00 setara 100% dari honor pokok pegawai negeri sipil kelompok ruang II/a.
“Dalam hal ADD tidak memadai untuk mendanai penghasilan tetap minimal Keuchiek Gampong, Keurani Gampong, dan perangkat Gampong lainnya sebagaimana dimaksud dapat dipenuhi dari sumber lain dalam APBG selain dana Gampong,” demikian suara Pasal 81 Ayat (3) PP ini. 

Menurut Pasal 81A PP ini, penghasilan tetap Keuchiek Gampong, Keurani Gampong, dan perangkat Gampong lainnya diberikan sejak peraturan pemerintah ini mulai berlaku. Dalam hal Gampong belum mampu menyanggupi ketentuan sebagaimana dimaksud, pembayaran penghasilan tetap Keuchiek Gampong, Keurani Gampong, dan perangkat Gampong yang lain diberikan terhitung mulai Januari 2020.

PP diteken dengan pendapatuntuk mengembangkan kinerja dan mutu pelayanan penyelenggaraan pemerintahan Gampong. Pemerintah menatap perlu memperhatikan kemakmuran Keuchiek Gampong, Keurani Gampong, dan perangkat Gampong yang lain lewat adaptasi penghasilan tetap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Teken PP, Gaji Perangkat desa Setara PNS Golongan IIA, Berapa Besarannya?", https://nasional.kompas.com/read/2019/03/12/06362701/jokowi-teken-pp-gaji-perangkat-desa-setara-pns-kalangan-iia-berapa.

Penulis : Ihsanuddin

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
download image