Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jokowi Minta Menkeu Sri Mulyani Tambah Dana Pkh

download image
Jokowi Minta Menkeu Sri Mulyani Tambah Dana PKH Jokowi Minta Menkeu Sri Mulyani Tambah Dana PKH

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Keuangan menjumlah kemungkinan posisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 untuk menambah dana untuk Program Keluarga Harapan (PKH).

"Tolong dilihat apakah memungkinkan memperbesar besaran jumlah bantuan PKH sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat," ungkapnya, Senin (16/3).

Presiden berharap PKH mampu meningkatkan konsumsi penduduk di tengah penyebaran Covid-19 yang kian merambah ke sejumlah negara, tergolong Indonesia.

Dengan peningkatan konsumsi daya beli penduduk , maka kemajuan ekonomi kita bisa tetap tersadar. "Kami kehendaki kemajuan ekonomi tidak terlalu besar turunnya," imbuh Jokowi.

Jokowi juga memerintahkan Menteri Sosial untuk segera mencairkan dana PKH tahap 2. Dengan demikian, penduduk peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dapat membelanjakan uangnya untuk berbelanja barang-barang yang dibutuhkan dalam waktu dekat.

"Ini akrab sekali kaitannya dengan duit yang besar supaya mampu segera dimulai," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani menyatakan pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 7 triliun untuk Program Keluarga Harapan (PKH) hingga 31 Januari 2020. Angka itu setara dengan 29 % (persen) dari pagu yang dialokasikan pemerintah tahun ini sebesar Rp. 29 triliun.

Menurut Meukeu, anggaran untuk PKH menjadi salah satu yang digenjot oleh pemerintah pada permulaan tahun ini. Selain PKH, terdapat pos budget yang lain, yakni belanja kementerian/forum (K/L) sebesar Rp. 30,9 triliun.


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya Dibawah Ini:
"Untuk belanja barang sebesar Rp. 3,3 triliun, belanja modal sebesar Rp. 1,9 triliun, belanja pegawai sebesar Rp.12,5 triliun. Ini seluruhnya ialah belanja yang dipercepat dalam rangka mendorong perekonomian domestik," tutur Sri Mulyani.

Sumber: cnnindonesia


Foto: (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
download image