Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali, Ini 5 KesempatanDesa Yang Dapat Dioptimalkan

Pengertian Potensi desa sebagaimana yang penulis kutip dari klutuk Kenali, Ini 5 Potensi Desa yang Dapat Dioptimalkan

Pengertian Potensi desa sebagaimana yang penulis kutip dari klutuk-tambakboyo ialah segala sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) yang terdapat serta tersimpan di desa. Dimana semua sumber daya tersebut dapat di dayagunakan untuk perkembangan dan kelancaran desa. Potensi desa terbagi menjadi 2 (dua) ialah potensi fisik dan peluangnonfisik.

Dikutip dari cnnindonesia, berikut ini 5 Potensi Desa yang Dapat Dioptimalkan:
  • Sumber Air.
Masyarakat pedesaan kadang kala menganggap spele sumber air. Padahal, sumber air mempunyai nilai hemat yang cukup tinggi.

"Kalau di perkotaan, air termasuk dalam aspek bikinan. Air itu menghipnotis produksi, di desa itu tidak terasa. Padahal faedah untuk produktivitas itu tinggi.

Air, mampu dimanfaatkan untuk acara hilirisasi pangan, peternakan, dan pembangkit listrik. Namun, masyarakat desa kadang-kadang tak sadar bahwa air ialah sumber produksi bagi banyak aktivitas perjuangan.

Masyarakat kurang (memiliki jiwa) usahawan. Orang jarang jeli melihat potensi air, sehingga banyak air menganggur di pedesaan.
  • Furnitur.
Masyarakat desa juga tak sadar bahwa kayu bekas peralatan kerja mampu diolah menjadi furnitur yang pantas jual. Banyak material kayu yang menganggur, kayu, bambu, dan pohon kelapa yang menganggur itu tidak dimanfaatkan. Itu berpeluang.

Masyarakat pedesaan dapat memasarkan produk olahan itu ke kota. Andrinof bilang banyak penduduk kota yang membutuhkan peralatan rumah tangga berbahan dasar kayu.
  • Lahan.
Banyak lahan yang tak digunakan di desa. Sementara, ada aneka macam opsi bagi masyarakat desa mempergunakan lahan tersebut. Lahan juga masih banyak yang tidak dioptimalkan. Banyak pilihan memanfaatkan atau acara produktif agar lebih optimal.
  • Potensi hilirisasi dari flora dan buah-buahan. 
Hal itu mampu memberikan nilai tambah dan lapangan pekerjaan bagi penduduk desa.
  • Pariwisata.
Kebanyakan masyarakat kelas menengah ke atas kadang kala berkunjung ke desa untuk berlibur. Kalau pedesaan ditambahkan fasilitas-kemudahan lalu tata cara pelayanan, itu kesempatanbesar mendapatkan penghasilan dari sektor pariwisata.

Secara keseluruhan, pemerintah seyogianya menunjukkan prioritas terhadap kota dan desa dalam mengatasi ancaman resesi akibat pandemi virus covid-19. Ini alasannya adalah kota dan desa memang saling berhubungan.

Kota dan Desa dua-duanya merupakan prioritas. Harus sama-sama gerak, mesti berkolaborasi semua. Hubungan kota dan desa tidak dapat diputus.
download image