Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mekanisme Pengangkatan Pns Menjadi Perangkat Desa Dalam Permendagri 67/2017

Mekanisme Pengangkatan PNS Menjadi Perangkat Desa Dalam Permendagri  Mekanisme Pengangkatan PNS Menjadi Perangkat Desa Dalam Permendagri 67/2017

Berdasarkan Pasal 10A ayat (1) dan (2) 
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2017 ihwal Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 wacana Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa dijelaskan bahwa:
  1. Pegawai Negeri Sipil yang terpilih dan diangkat menjadi perangkat Desa, yang bersangkutan dibebaskan sementara dari jabatannya selama menjadi Kepala Desa tanpa kehilangan haknya sebagai pegawai negeri sipil.
  2. Pegawai Negeri Sipil yang terpilih dan diangkat menjadi perangkat Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berhak menerima haknya sebagai pegawai negeri sipil, mendapatkan santunan perangkat Desa dan pendapatan yang lain yang sah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.
Ketentuan Pasal 12 diubah dan ditambah satu ayat yakni ayat (2a) sehingga Pasal 12 berbunyi sebagai berikut:

Pasal 12

(1) Perangkat Desa yang diangkat sebelum ditetapkannya Peraturan Menteri ini tetap melakukan tugas hingga habis masa tugasnya berdasarkan surat keputusan pengangkatannya.

(2a) Perangkat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang diangkat secara periodisasi yang sudah habis abad tugasnya dan berusia kurang dari 60 (enam puluh) tahun mampu diangkat sampai dengan usia 60 (enam puluh) tahun.

Demikianlah penjelasan wacana Mekanisme Pengangkatan PNS Menjadi Perangkat Desa sebagaimana dikontrol dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Semoga Bermanfaat.

Download Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2017. DISINI
download image