Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Tugas Sekretaris Desa Dalam Pengelolaan Keuangan Desa


Sekretaris desa (Sekdes) memegang peranan yang sangat strategis di Desa, baik dalam penataan administrasi desa dan pengelolaan keuangan desa. Manakala Sekretaris desa (Sekdes) tidak mampu melaksanakan peran-tugasnya dengan baik, maka banyak dilema akan timbul, dan risikonya desa tidak akan maju dan berkembang sesuai dengan impian yang diharapkan pemerintah.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 ihwal Pengelolaan Keuangan Desa disebutkan bahwa dalam kaitan dengan pengelolaan keuangan desa. Sekretaris Desa ialah perangkat desa yang berkedudukan selaku unsur pimpinan sekretariat desa yang mengerjakan peran sebagai koordinator Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD).

Oleh Karena itu, seorang Sekretaris desa (Sekdes) seyogianya mempunyai kesanggupan di atas rata-rata perangkat desa yang lain adalah kepala masalah (kaur) dan kepala seksi (kasi) sehingga roda pemerintahan di desa dapat berlangsung dengan baik dan optimal, seperti kemampuan dalam pengelolaan keuangan desa.

Apakah Tugas Sekretaris Desa (Sekdes) dalam Pengelolaan Keuangan Desa berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018?

Dalam Pasal 5 Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 ihwal Pengelolaan Keuangan Desa, disebutkan bahwa Sekretaris Desa bertugas sebagai sebagai koordinator PPKD dan mempunyai tugas:
  1. Mengkoordinasiokan penyusunan dan pelaksanan kebijakan APBDes;
  2. Mengkoordinasikan penyusunan rancangan APB Desa dan rancangan pergeseran APBDes;
  3. Mengoordinasikan penyusunan desain peraturan Kepala Desa wacana pembagian terstruktur mengenai APBDes dan perubahan APBDes;
  4. mengkoordinasi peran perangkat desa lain yang mengerjakan peran PPKD, dan
  5. mengkoordinasikan penyusunan pembukuan keuangan desa dalam rangka pertanggungjwaban pelaksanaan APBDes.
Selain tugas-tugas diatas, Sekretaris Desa memiliki tugas lainnya selaku berikut:
  1. Melakukan verifikasi kepada DPA, DPPA, dan DPAL;
  2. Melakukan verifikasi kepada RAK Desa, dan
  3. Melakukan verifikasi terhadap bukti penerimaan dan pengeluaran APBDes.
Demikianlah klarifikasi singkat ihwal Tugas Sekretaris Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 perihal Pengelolaan Keuangan Desa. Semoga Tulisan ini dapat berguna. Salam .
download image