Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjahit Untuk Pemula - Cara Menentukan Dan Membeli Kain

Berikut postingan yang membantu anda bagaimana cara menjahit untuk pemula dan cara menentukan dan membeli kain yang sempurna untuk anda yang gres belajar menjahit biar hasil yang anda buat manis dan membuat puas.

Memilih kain untuk menjahit bagi pemula

Ada beberapa kain manis buat anda yang lagi belajar menjahit atau mampu dikatakan bagi pemula.
Berikut kein kain tersebut :
1. Katun, kain paling multi fungsi, tenunan kapas hadir dalam berbagai bobot mulai dari saputangan ringan sampai kanvas tebal. Ini sering dipakai untuk kemeja, rok, celana panjang, celana jeans dan tas. Kain seperti denim, moleskin, dan korduroi biasanya yang dibuat dari katun. Kisaran harga - sering kali cukup murah.
2. Jersey/ rajut,dirajut dengan mesin dari benang katun halus, bahan ini yang dibuat dari bahan kaos. Ini elastis dan tenteram dipakai, tetapi tidak mudah dijahit mirip kain tenun.

3. Linen,linen tenunan mudah dijahit dan tersedia dalam aneka macam bobot. Itu condong melipat banyak dan sering diaduk dengan kapas. Tujuan utamanya adalah menciptakan pakaian ekspresi dominan panas. Bisa jadi cukup mahal. .

4. Sutra,kain tenun yang mengkilap dan licin sering dipakai untuk busana dalam mewah, blus dan gaun. Mahal dan sukar dijahit. .

5. Woll,bisa dirajut. Kain wol sering dibentuk menjadi jas, mantel dan rok dan celana panjang mewah. Seringkali cukup mahal dan cenderung kering. .

Ada beberapa tips memilih kain yang sempurna untuk menjahit :
1. Kain tenun yang tidak akan tergelincir atau meregang terlalu banyak saat Anda menjahitnya. Ini memiliki arti menentukan kapas, linen, atau campuran katun-linen. Hindari sutera, rayon, polyester mengkilap dan kaos katun dan kain rajutan lainnya.
baca juga: jenis kain yang cantik untuk dress 2. Baik warna polos atau cetakan kecil. Hindari garis, cek dan acuan besar untuk dikala ini alasannya lebih susah untuk ditata.
3. Hindari kain yang sangat berat mirip denim pada mulanya alasannya lebih sulit untuk dimanipulasi. Ini juga merupakan inspirasi yang baik untuk menghindari kain bergelombang atau bergerigi seperti korduroi untuk upaya pertama Anda menjahit.

Cara membeli kain

Yang mana yang mesti Anda beli pertama, acuan menjahit atau kain? Saya pikir paling mudah untuk membeli pola menjahit Anda apalagi dulu lalu berbelanja kain. Setelah Anda mendapatkan polanya, Anda tahu jenis kain apa yang Anda cari dan berapa banyak kain untuk dibeli. Anda juga dapat berbelanja utas, ritsleting, tombol, atau ide lain apa pun yang cocok secara bersamaan.

Sebelum anda membeli di toko kain, ada baiknya anda perhatikan hal hal berikut :
1. Pastikan bahwa kain tersebut yakni salah satu yang dianjurkan untuk acuan menjahit Anda.
2. Buka gulungan kain sedikit dan lihat bagaimana kain menggantung (disebut tirai). Apakah Anda suka merasakannya? Apakah lunak atau kaku? Apakah ini sesuai dengan apa yang Anda persiapkan? Apakah kainnya gatal?
3. Lihatlah labelnya - mesti ada beberapa berita ihwal kandungan serat dan instruksi perawatan. Bisakah Anda mencuci dengan mesin atau hanya kering? Jika kedengarannya mirip pemeliharaan yang terlalu tinggi, teruskan.
4. Visualisasikan proyek yang direncanakan Anda buat di kain. Apakah itu tampakbenar? Apakah kamu menyukainya? Apakah kain dalam warna yang tepat untuk Anda?
5. Periksa lebar kain. Kain dibuat dengan lebar yang berbeda: utamanya 150cm (60 ”) dan 115cm (45”). Lihatlah acuan Anda untuk mengetahui berapa panjang kain yang perlu Anda beli. Pastikan Anda membeli kain yang cukup untuk memungkinkan penyusutan 10% dikala dicuci untuk berjaga-jaga.
6. Luangkan waktu Anda - sehabis Anda memiliki penggalan kain dari gulungan Anda umumnya tidak dapat mengembalikannya sehingga tidak terburu-buru berbelanja.

Mempersiapkan kain dan memotong

Saat Anda pulang dengan kain yang anda beli, cobalah untuk tidak eksklusif memotongnya. Langkah yang menjemukan tetapi perlu yakni mencuci dan menyeterika kain Anda apalagi dulu. Cuci kain saat Anda akan mencuci pakaian - jikalau kainnya akan berkurang sama sekali, lebih baik untuk melakukannya sekarang ketimbang setelah Anda menghabiskan banyak waktu menjahitnya menjadi sesuatu. Saat kainnya kering, Anda harus menyetrikanya kembali dengan mulus.

Pola menjahit Anda akan memiliki instruksi untuk tata letak pemotongan yang berlainan tergantung pada lebar kain Anda. Temukan tata letak pemotongan yang sempurna untuk gaya yang Anda buat dan kain yang Anda miliki - Anda mungkin perlu melipat kain seperti yang ditunjukkan dalam tata letak.
Gunting potongan-cuilan acuan Anda dengan bergairah dan setrika (panas lembut dan tanpa uap). Letakkan cuilan-kepingan di kain mengikuti tata letak pemotongan. Merupakan pandangan baru yang bagus untuk menaruh semua bab sebelum mulai memangkas sehingga Anda mampu yakin bahwa semuanya akan sesuai. Sematkan pecahan pola ke kain, pergi dan istirahat, kemudian kembali dan periksa pekerjaan Anda. Akhirnya, ambil napas dalam-dalam, ambil gunting penjahit Anda dan potong!.
download image