Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Biasa Kader Pembangunan Manusia Di Desa

download image
Pedoman Umum Kader Pembangunan Manusia di Desa Pedoman Umum Kader Pembangunan Manusia di Desa

Seiring dengan arah kebijakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,dan Transmigrasi yang sudah memutuskan bahwa penggunaan Dana Desa Tahun 2019 diprioritaskan salah satunya untuk pencegahan stunting. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019, utamanya pada Pasal 6 diatur bahwa Dana Desa diprioritaskan untuk acara pelayanan gizi dan pencegahan anak kerdil (stunting). Kebijakan ini, dibutuhkan akan turut berkontribusi dalam pencapaian target RPJMN 2015-2019 adalah menurunkan prevalensi stunting dari 37,2% (Data Riskesdas 2013) menjadi 28% di Tahun 2019.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) mengamanatkan bahwa penduduk harus berperan aktif dalam pembangunan desa. Intervensi pencegahan stunting mesti melalui konvergensi acara yang melibatkan pelaku lintas sektor di tingkat Pusat, Daerah, dan Desa. Untuk itu maka diperlukan kesiapan dan kapasitas yang memadai oleh penduduk dan pemerintah desa selaku pelaku pembangunan yang bersinggungan eksklusif dengan sasaran, terutama terhadap rumah tanggga 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menyusun “Pedoman Umum Kader Pembangunan Manusia” selaku bentuk pelatihan dan sumbangan teknis terhadap pendampingan konvergensi pencegahan stunting di desa.

Diharapkan anutan ini mampu mendorong peningkatan terusan layanan pencegahan stunting yang bermutu bagi setiap sasaran, serta secara konkrit dapat mendukung penurunan angka stunting dalam rangka merealisasikan kenaikan mutu hidup, kemakmuran dan penanggulangan kemiskinan.

Pedoman ini disusun atas donasi dari banyak sekali stakeholders yang memiliki kepedulian terhadap upaya konvergensi pencegahan stunting. “Cegah Stunting itu Penting”, mesti dipastikan menjadi Gerakan Bersama yang tercermin dari keberpihakan kebijakan dan anggaran di tingkat Pusat, Daerah, dan Desa.

SELENGKAPNYA: SILAKAN DOWNLOAD DISINI
download image