Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peningkatan Dana Desa Mesti Diiringi Dengan Kesejahteraan Masyarakat

download image
Alokasi Dana Desa direncanakan pemerintah akan dinaikkan menjadi Rp 75 triliun pada tahun 2019. Peningkatan anggaran ini harus mampu dimanfaatkan untuk mengentasakan kemiskinan, meningkatkan taraf hidup penduduk , serta dapat mengantar desa untuk mengejar-ngejar dari ketertinggalan.

Selain itu, Dana Desa juga mampu dialokasikan kepada sektor-sektor yang paling dibutuhkan masyarakat di desa, sehingga alokasinya menjadi efektif.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan Taufik Kurniawan, merespon rencana pemerintah memaksimalkan alokasi Dana Desa tahun 2019 menjadi sekitar Rp 75 triliun dari Rp 60 triliun pada tahun 2018 untuk seluruh desa di Indonesia.

“Desa mesti mempunyai penyusunan rencana yang bagus dalam mengalokasikan Dana Desa. Misalnya melalui pembangunan, pastinya pembangunan yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat desa. Ataupun program-program padat karya, yang menciptakan masyarakat menjadi produktif,” kata Taufik dalam keterangan persnya, Jumat (9/3/2018).

Taufik berharap, pemerintah tetap melaksanakan pendampingan dalam pengelolaan Dana Desa oleh pegawapemerintah Desa.

Menurutnya, jangan sampai kesalahan administrasi yang dibuat oleh abdnegara desa, justru malah harus berurusan dengan aturan. Di sisi lain, Taufik pun mengapresiasi planning peningkatan alokasi Dana Desa itu.

“Secara pribadi, aku mengapresiasi rencana itu. Sehingga, pembangunan dimulai dari desa pun mampu mengejar-ngejar ketertinggalan dibanding perkotaan. Disparitas pembangunan dapat ditekan, sehingga pembangunan mampu dirasakan secara merata,” ungkapnya.

Di lain peluang, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah sangat kesepakatan dalam memajukan kesejahteraan penduduk desa. Ini ditandai dengan planning peningkatan alokasi Dana Desa pada tahun 2019.

Untuk itu, Kemenkeu berharap bahwa Dana Desa betul-betul dipakai untuk memberantas kemiskinan dan mengembangkan penduduk desa dari ketertinggalan. (http://detak.co)
download image