Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting.! Inilah Tugas Dan Wewenang Kepala Desa Dalam Pengelolaan Keuangan Desa


Sahabat , Sebelumnya blog telah membahas perihal Tupoksi Kades dan Perangkat Desa. Melalui tulisan ini, penulis mencoba membahas wacana Tugas dan Wewenang Kepala Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 disebutkan bahwa Keuangan Desa yaitu semua hak dan kewajiban Desa yang dapat dinilai dengan duit serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang bekerjasama dengan pelaksanaan hak dan kewajiban desa.

Untuk kita ketahui bahwa, keseluruhan aktivitas pengelolaan keuangan desa meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan petanggungjawaban keuangan Desa.

Jika kita lihat dari Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 diterangkan bahwa: Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa, yang berikutnya disingkat PKPKD yakni kepala Desa atau istilah nama lain yang sebab jabatannya memiliki kewenangan menyelenggarakan keseluruhan pengelolaan keuangan Desa.

Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa, dalam Pasal 3 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018 yaitu sebagai berikut:

(1) Kepala Desa ialah Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD) dan mewakili Pemerintah Desa dalam kepemilikan kekayaan milik Desa yang dipisahkan.

(2) Kepala Desa sebagaiPKPKD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memiliki kewenangan:
  • Menetapkan kebijakan tentang pelaksanaan APB Desa;
  • Menetapkan kebijakan wacana pengelolaan barang milik Desa;
  • Melaksanakan langkah-langkah yang menjadikan pengeluaran atas beban APB Desa;
  • Menetapkan PPKD;
  • Menyetujui DPA, DPPA, dan DPAL;
  • Menyetujui RAK Desa; dan
  • Menyetujui SPP. 
(3) Dalam melakukan kekuasaan pengelolaan keuangan Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Desa menguasakan sebagian kekuasaannya terhadap perangkat Desa selaku PPKD.

(4) Pelimpahan sebagian kekuasaan PKPKD terhadap PPKD ditetapkan dengan keputusan Kepala Desa.

Pelaksana pengelolaan keuangan desa (PPKD) yakni perangkat desa yang melakukan pengelolaan keuangan desa menurut keputusan kepala Desa yang menguasakan sebagian kekuasaan PKPKD.

PPKD terdiri atas Sekretrasi Desa, Kepala Urusan (Kaur) dan Kepala Seksi (Kasi), dan Kaur Keuangan.

Demikianlah penjelasan singkat wacana Tugas dan Wewenang Kepala Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa yang penulis rangkum dari Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.
download image