Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingkah Sop Bagi Bumg?

download image
Badan Usaha Milik Gampong adalah sebuah badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya di Pentingkah SOP bagi BUMG?

Badan Usaha Milik Gampong adalah sebuah tubuh perjuangan yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh Gampong lewat penyertaan pribadi yang berasal dari kekayaan Gampong yang dipisahkan guna mengurus aset, jasa pelayanan dan perjuangan-perjuangan yang lain untuk sebesar-besarnya kemakmuran penduduk Gampong.

Sebagai sebuah tubuh perjuangan yang diprakarsai oleh Pemerintah Gampong bersama penduduk dan berbadan hukum perdes, tentunya dibutuhkan acuan atau seperangkat hukum tertulis dalam mengelola perjuangan BUMG.

Lalu, seberapa Pentingkah SOP bagi BUMG?

Berikut beberapa argumentasi mengapa BUMG memerlukan Standar Operasional Prosedur.
  1. Keberadaan SOP BUMG sungguh diperlukan, dalam rangka menjamin pengelolaan BUMG berjalan secara profesional, seperti halnya pengelolaan badan perjuangan yang lain.
  2. SOP BUMG juga berfungsi sebagai alat kendali dalam menangkal kegagalan usaha dan pertentangan kepentingan di internal Gampong.
  3. SOP BUMG dapat menentukan pelaksanaan peran dan fungsi berlangsung dengan kondusif dan dan konsisten. Seperti dalam penyusunan laporan keuangan BUMG dan kegiatan perjuangan, dll.
  4. Dengan tersedianya SOP BUMG juga dapat mengatisipasi penyelewengan dana dan membuat lebih mudah dalam melaksanakan penilaian kinerja pengelola oleh komisaris, juga membuat lebih mudah direktur dalam mengevalusi kinerja karyawan BUMG.
Jika Sobat desa memerlukan acuan SOP BUMG! DOWNLOAD DISINI
download image