Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 Berdasarkan Permendes 13 Tahun 2020

download image
Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 mengontrol perihal Prioritas Penggunaan Dana Desa selaku berikut:

(1) Prioritas Penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (3) abjad a dikontrol dan diurus oleh Desa menurut kewenangan Desa.

(2) Prioritas Penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diarahkan untuk acara dan/atau acara percepatan pencapaian SDGs Desa lewat:
  • pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa;
  • program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa;dan
  • penyesuaian kebiasaan baru Desa.
Selanjutnya dalam Pasal 6 Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 disebutkan bahwa:

(1) Penggunaan Dana Desa untuk pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) karakter a diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa:
  • pembentukan, pengembangan, dan revitalisasi tubuh perjuangan milik Desa/badan perjuangan milik Desa bersama untuk pertumbuhan ekonomi Desa merata;
  • penyediaan listrik Desa untuk mewujudkan Desa berenergi higienis dan terbarukan; dan
  • pengembangan perjuangan ekonomi produktif yang diutamakan diatur tubuh usaha milik Desa/badan perjuangan milik Desa bareng untuk mewujudkan konsumsi dan buatan Desa sadar lingkungan.
(2) Penggunaan Dana Desa untuk acara prioritas nasional sesuai kewenangan Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) aksara b diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa:
  • pendataan Desa, pemetaan peluangdan sumber daya, dan pengembangan teknologi berita dan komunikasi selaku upaya memperluas kemitraan untuk pembangunan Desa;
  • pengembangan Desa rekreasi untuk kemajuan ekonomi Desa merata;
  • penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di Desa untuk mewujudkan Desa tanpa kelaparan; dan
  • Desa inklusif untuk memajukan keterlibatan perempuan Desa, Desa damai berkeadilan, serta mewujudkan kelembagaan Desa dinamis dan budaya Desa adaptif.
(3) Penggunaan Dana Desa untuk penyesuaian kebiasaan gres Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) abjad c diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa:
  • merealisasikan Desa sehat dan sejahtera melalui Desa Aman COVID-19; dan
  • mewujudkan Desa tanpa kemiskinan melalui Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.
(4) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (3) huruf b dijalankan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-permintaan.

Demikianlah penjelasan tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 sebagaimana yang dikontrol dalam Permendes 13 Tahun 2020. Semoga tulisan ini bermanfaat.

DOWNLOAD PERATURAN MENTERI DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 13 TAHUN 2020 TENTANG PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2021. DOWNLOAD DISINI

download image