Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prosedur Pengisian Kekosongan Perangkat Desa Sesuai Aturan Modern

download image
Mekanisme Pengisian Kekosongan Perangkat Desa Sesuai Aturan Terbaru Mekanisme Pengisian Kekosongan Perangkat Desa Sesuai Aturan Terbaru
Foto Doc. Risehtunong

Berdasarkan ketentuan Pasal 7 Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 Tentang Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa dijelaskan bahwa Mekanisme Pengisian Kekosongan Perangkat Desa yaitu sebagai berikut:

  1. Dalam hal terjadi kekosongan jabatan perangkat Desa maka peran perangkat Desa yang kosong dilakukan oleh pelaksana tugas yang dirangkap oleh perangkat Desa lain yang tersedia.
  2. Pelaksana peran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh kepala Desa dengan surat perintah tugas yang tembusannya disampaikan kepada bupati/wali kota melalui camat paling lambat 7 (tujuh) hari terhitung semenjak tanggal penugasan.
  3. Pengisian jabatan perangkat Desa yang kosong paling lambat 2 (dua) bulan sejak perangkat Desa yang bersangkutan berhenti.
  4. Pengisian jabatan perangkat Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat dijalankan dengan cara: a. mutasi jabatan antar perangkat Desa di lingkungan pemerintah Desa; b. penjaringan dan penyaringan kandidat perangkat Desa.
  5. Pengisian perangkat Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dikonsultasikan dengan camat.
Demikianlah klarifikasi ihwal Mekanisme Pengisian Kekosongan Perangkat Desa sebagaimana dikelola dalam Pasal 7 Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 Tentang Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa. Semoga postingan singkat ini bermanfaat. Salam Juragan Berdesa...

Download Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2017. DOWNLOAD DISINI
download image