Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rp. 4,3 T Dana Desa Untuk Blt

download image
 mencatat realisasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai  Rp. 4,3 T Dana Desa Untuk BLT

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mencatat realisasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) tahap I meraih Rp4,3 triliun per 21 Juni 2020. Bantuan sosial (bansos) itu sudah diterima 7.181.331 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 73.692 desa.

Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi merinci selaku berikut:
  • 1.938.959 KPM wanita kepala keluarga (PEKKA).
  • 278.084 KPM Masyarakat desa yang menderita penyakit kronis dan menahun.
  • 5 jutaan itu dari kalangan petani.
Besaran Dana desa yang telah disalurkan dalam Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) mencapai Rp4,3 triliun," ucapnya melalui video conference pada Selasa (23/6).

Realisasi peserta Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) tersebut setara 91,5 persen dari total sasaran penyaluran BLT Dana Desa tahap pertama ialah sebesar 7,84 juta KPM. Target penyaluran tersebut mengalami penilaian dari sasaran permulaan penyaluran yang mencapai 12,34 juta KPM.

Pada potensi terpisah, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan argumentasi revisi target penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) tersebut dikarenakan masyarakat yang memerlukan Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) tak sebesar yang ditargetkan sebelumnya.

"Bahasanya, kami kehabisan target. Ini dibuktikan dengan simulasi dari 12,34 juta kandidat penerima manfaat, fakta lapangan hari ini telah 6,88 juta orang menerima faedah atau sekitar 58 persen dari sasaran," katanya pada Rabu (17/6) lalu.

Wakil Menteri Desa menyebut mayoritas desa yang belum menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) merupakan desa di Indonesia timur khususnya di Papua balasan kendala infrastruktur di lapangan.

"Karena terkendala infrastruktur di beberapa kawasan utamanya Papua," ungkapnya.


Sumber: cnnindonesia
download image