Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ketika Nomor Whatsapp Hilang Atau Dicuri

Bagaimana caranya Jika nomor WA kita hilang?. Apa yang harus dilakukan ketika kita tidak mampu lagi mengakses nomor handphone yang dipakai untuk akun WA?.

Hal ini terjadi karena beberapa karena, mirip di blokir, expired atau habis kala tenggang, namun bagaimana jikalau handphone kita hilang atau dicuri yang didalamnya terpasang kartu SIM yang terhubung dengan WhatsApp.

Perlu dikenali bahwa untuk mengaktifkan akun WhatsApp di perlukan sebuah nomor telepon yang aktif yang mampu kita kanal untuk menerima 6-digit kode verifikasi.

Kode verifikasi diperlukan untuk mengaktifkan akun WhatsApp, instruksi unik ini akan berubah setiap kali kita memverifikasi nomor atau perangkat gres.

Yang jadi pertanyaannya. Bagaimana kalau nomor telepon yang kita pakai untuk akun WhatsApp telah tidak mampu di akses lagi disebabkan hilang, atau dicuri, yang tentu saja kita tidak akan mampu lagi menerima isyarat verifikasi yang hendak dipakai untuk mengaktifkan kembali akun WA di handphone lain.

Jika hal ini terjadi maka yang di khawatirkan yakni, akun WhatsApp kita akan di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, mirip melaksanakan penipuan dengan memanfaatkan akun Whatsapp milik kita.

Langkah keselamatan pertama yang harus kita lakukan ialah menghubungi pihak WhatsApp, untuk meminta biar menonaktifkan akun WhatsApp kita dengan cara mengantarkan email ke support@whatsapp.com.

Mengirim email dengan isi pesan "Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun aku" dan menyertakan nomor handphone dalam format Internasional, acuan untuk indonesia, ganti angka 0 dengan kode negara +62

Contoh:

Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun aku
+6282300000000

Apa yang terjadi bila akun kita di nonaktifkan?

Akun di nonaktifkan bukan di hapus, artinya kontak kita masih dapat melihat profil kita dan juga masih mampu mengirim pesan ke kita, dan pesan akan tersimpan sampai kita mengaktifkan kembali akun kita. Jika kita tidak mengaktifkan akun kita kembali dalam waktu 30 hari, maka akun tersebut akan sepenuhnya dihapus dari sistem WhatsApp.

Baca Juga:
Cara Menyembunyikan Notifikasi Pemberitahuan Dari WhatsApp
Cara Menyembunyikan Status Online di GB WhatsApp

Langkah yang kedua yang mesti kita kerjakan yakni sesegera mungkin meminta pihak operator seluler untuk memblokir nomor tersebut, sehingga orang lain tidak akan mampu memverifikasikan akun kita dengan nomor tersebut.

Mendapatkan kembali jalan masuk ke nomor yang terhubung ke akun WhatsApp dengan menghubungi pihak operator seluler kartu sim kita dan mengumumkan perihal kartu kita yang hilang atau dicuri, supaya pihak operator seluler akan segera menggantikan kartu SIM kita yang hilang tersebut dengan kartu baru tetapi tetap dengan nomor telepon yang serupa.

Kaprikornus saat nomor kita hilang, maka secepatnya mintalah pihak WhatsApp untuk menonaktifkan akun, dan sesegera mungkin juga meminta pihak operator seluler untuk memblokir nomor kita yang hilang tersebut.

Hal ini dimaksudkan supaya akun tersebut tidak mampu diakses, alasannya adalah akun yang di nonaktifkan cuma bisa diaktifkan kembali dengan verifikasi 6 digit dari WA yang akan dikirim melalui sms di nomor yang terdaftar pada akun WhatsApp.

download image